Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Astra Motor Kalbar Bagikan Tips Berkendara Dengan Postur TUbuh Yang Baik

PONTIANAK - Mengendarai sepeda motor tentunya memilik pengalaman yang berbeda jika dibandingkan ketika memakai mobil. Terlebih jumlah pemakai motor jauh lebih banyak daripada kendaraan roda empat tersebut.


“Tentunya postur tubuh ketika memakai motor berbeda dengan mobil, sehingga Anda perlu tahu bagaimana postur berkendara sepeda motor yang baik,” kata Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalbar, Prastya Agusta.

Mengetahui hal ini sangatlah baik karena dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Adapun poster berkendara yang baik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mata
Postur berkendara yang pertama adalah pandangan mata lurus ke depan. Pastikan Anda memperhatikan jalan dengan baik mengarah ke tujuan agar jarak pandang lebih luas sehingga Anda dapat melihat keadaan jalan dengan lebih baik.

2. Bahu
Bahu dan pundak Anda usahakan untuk santai ketika berkendara agar terasa lebih nyaman.

3. Siku Tangan
Postur berkendara yang berikutnya fokus pada bagian siku tangan. Bagian ini sebaiknya sedikit menekuk agar Anda dapat memegang stang motor dengan baik dan lebih nyaman.

4. Tangan
Pastikan tangan Anda nyaman memegang stang dan dapat menjangkau semua kelengkapan penting seperti rem, klakson, starter, memakai lampu sein dan lainnya. Karena semua fitur tersebut hanya dapat digunakan dengan tangan Anda.

5. Pinggul
Postur berkendara berikutnya fokus pada bagian pinggul. Usahakan untuk duduk di posisi yang paling nyaman dan pastikan jaraknya tidak terlalu dekat atau jauh dengan stang. Hal ini sangat penting karena Anda bisa mengoperasikan stang kemudi, rem dan persneling dengan mudah.

6. Lutut
Postur tubuh yang baik pada bagian lutut cukup berbeda bergantung pada motor yang dipakai. Untuk motor tipe sport maka lutut sebaiknya menekan tangki bahan bakar.

Sedangkan untuk motor bebek dan matic tidak diposisikan lurus dan jangan melebar karena dapat menghalangi jalur pengendara lainnya.

7. Kaki
Postur berkendara yang terakhir fokus pada bagian kaki. Pastikan kaki Anda dapat menyentuh lantai atau aspal ketika berhenti. Selain itu usahakan kaki selalu nyaman ketika menginjak pedal rem dan persneling.

“Semoga tips ini bermanfaat. Mari jaga keselamatan berkendara di jalan raya. Jangan abaikan semua rambu-rambu dan aturan di jalan raya,” pungkas Prastya. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad