Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

AHM Siapkan Hadirkan CB200X di Indonesia

PONTIANAK - Honda CB200X resmi diluncurkan di India. Dilihat secara desain, motor ini begitu proporsional untuk sebuah adventure bike entry level. Harganya di India pun cukup terjangkau, sekitar Rs 144.500 atau setara Rp 27,9 juta. Apakah motor ini cocok dibawa ke Indonesia?


Disampaikan General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin, Honda belum memiliki rencana merilis model serupa di Indonesia. Menjual motor segmented seperti Honda CB200X tentunya membutuhkan riset mendalam.

"Kami belum ada rencana rilis model tersebut (CB200X). Cocok atau nggaknya (kita juga) belum tahu ya. Perlu studi dulu," kata Muhib.

Meski belum memiliki rencana membawa CB200X ke Indonesia, jika melihat lini produk AHM saat ini cukup banyak yang mengusung gaya adventure atau petualang.

Dari kelas matic misalkan, ada Honda ADV150, di segmen sport ada CRF150L dan CRF250RALLY, lalu di kelas bebek ada Honda CT125, dan di segmen bigbike ada model X-ADV, CB500X, dan CRF1000L Africa Twin.

Melihat fakta tersebut, bukan tidak mungkin suatu saat nanti AHM memasukkan model CB200X sebagai jagoan barunya di segmen adventure. Apalagi saat ini AHM masih belum punya penerus sport touring Honda Tiger. Maka itu, CB200X yang mengusung mesin 200 cc cukup layak menjadi penerus Tiger.

Sebagai informasi, Honda CB200X menggunakan mesin PGM-Fi 184 cc, satu silinder, yang sama seperti mesin Hornet 2.0. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimum 17 dk dan torsi puncak 16,1 Nm, yang dikawinkan dengan girboks lima percepatan dan sistem pendingin udara.

Honda CB200X dibekali kapasitas tangki 12 liter dan soal performa dan efisiensi bahan bakar, klaimnya bisa tembus kecepatan maksimum 130 km/jam, serta konsumsi bahan bakar rata-rata 35 km/liter.

Motor ini menggunakan rangka tipe diamond, dengan suspensi USD (Upside Down) di depan dan monoshock di belakang. Kaki-kakinya menggunakan velg alloy yang dilapisi ban dual purpose berprofil 110/70-17 di depan dan 140/70-17 di belakang.

Sementara untuk sistem pengeremannya sudah menggunakan rem cakram 276 mm di depan dan 220 mm di belakang, serta sudah dilengkapi sistem ABS (Anti-lock Braking System) satu channel untuk mencegah roda mengunci saat dilakukan hard braking.

Sebagai motor petualang modern, Honda CB200X juga dilengkapi sistem penerangan full LED, termasuk headlamp LED dengan position lamp, LED winker, dan LED taillamp. Lalu jika ditengok ke bagian dasbornya, motor ini sudah mengadopsi kluster instrumen digital.

Di antara fitur unggulan lainnya adalah engine stop switch, hazard switch, split seat, upswept exhaust, dan under cowl. Honda CB200X tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Pearl Nightstar Black, Matte Selene Silver Metallic dan Sports Red.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad