Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

AHM Siapkan Desain Khusus Honda Forza 150

PONTIANAK - Di Indonesia Honda hanya memasarkan Forza varian mesin 250cc. Di kelas yang sama, Honda Forza 250 bersaing dengan Yamaha Xmax 250. Tapi bagaimana jika Honda Forza dibuatkan varian mesin 150 cc?


Desainer lokal, Julak Sendie Design coba membuat rendering atau gambar olah digital untuk memproyeksikan desain Honda Forza 150. Menurut Sendie, desain Forza 150 ini cocok untuk melawan Yamaha Nmax 155 di Indonesia, ketimbang skutik PCX yang elegan.

"Dari segi tampilan, Honda PCX masih belum bisa dibandingkan secara langsung dengan Nmax karena bentuk PCX lebih ke comfort, bukan sporty. Sebenarnya Honda memiliki motor matic yang berpenampilan sporty dan bentuknya mirip seperti Nmax tapi tidak dipasarkan di Indonesia melainkan di Eropa dengan nama Honda Forza yang memiliki varian yaitu Honda Forza 300 dan Forza 125," ujar Sendie di situs resminya.

Ya, di Eropa yang dipasarkan adalah Honda Forza varian mesin 300cc dan 125cc. Sementara di Indonesia, yang dijual varian mesin 250cc. Meski berbeda-beda secara kapasitas mesin, secara desain ketiga model itu mirip kok.

"Khusus untuk Honda Forza 125, jika Honda benar-benar ingin menyaingi penjualan Nmax mungkin bisa mempertimbangkan untuk membuat Honda Forza 150 versi lokal," jelas Sendie.

"Tampilan Honda Forza 125 memang lebih besar dan sporty jika dibandingkan dengan Honda PCX dan menurut JSD (Julak Sendie Design) sangat cocok jika bersaing dengan Yamaha Nmax 155. Honda Forza 150 bisa menggunakan bodi yang sama persis dengan Forza 125 tapi dengan mesin yang berbeda yaitu mesin Honda Vario 150.

Tentu saja ada beberapa perubahan tampilan jika ingin dipasarkan di Indonesia seperti windshield yang dibuat lebih kecil serta kaca spion yang juga diubah posisinya di stang motor untuk dapat menekan harga penjualan," sambungnya.

"Beberapa perubahan lainnya yaitu velg yang digunakan adalah velg dari Honda Vario 150 terbaru, lengkap dengan sistem pengeremannya yaitu disc brake dengan dimensi yang lebih kecil serta kaliper rem Honda Vario 150 . Begitu juga dengan jok yang dibuat lebih sederhana, berbeda dengan jok asli Honda Forza 125 yang memiliki bentuk bertingkat," tukasnya.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad