Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

CB650R Motor Seharga 296,4 Juta Yang Punya Warna Baru Memukau

PONTIANAK - Astra Honda Motor (AHM) hadirkan warna baru Honda CB650R. Skema kelir yang ditawarkan lebih menonjolkan aura big bike street fighter. Motor sport berkonsep Neo Sport Café itu juga mendapat sentuhan anyar. Harganya kini dibanderol Rp 296,4 juta on the road wilayah Jakarta.
Warna yang dijajakan untuk big bike Honda ini yaitu Matte Gunpowder Black Metallic dan Candy Chromosphere Red. Buat kelir hitam, sekarang mendapat skema doff atau menggantikan tema mengilap. Sedang untuk merah masih dipertahankan tapi yang sekarang lebih terang.
 

 

Komposisi warna baru disematkan pada sepatbor depan (front fender) dan tangki bahan bakar. Pada model terbaru, desain sepatbor belakang (rear fender) juga terasa lebih tegas dengan ekspos unsur logam semakin kuat.
Marketing Director AHM Thomas Wijaya mengatakan, inovasi desain, teknologi, dan fitur Honda CB650R semakin lengkap. Hadirnya pilihan warna baru membuatnya kian gagah dan eksklusif. Hal ini semakin menyuguhkan kebanggaan bagi siapa saja yang mengendarainya.
”Rasa bangga itu menyempurnakan gaya hidup masa kini, terlebih untuk para penggemar sepeda motor sport premium. Selain itu, kami terus konsisten memberikan layanan khusus yang memanjakan pengguna big bike Honda melalui jaringan dealer Big Wing kami yang tersebar di berbagai kota,” ujar Thomas Wijaya.

Desain

Soal styling bodi Honda CBR650R 2021 sebagian besar tak berubah. Masih bertahan dengan desain timeless dan menekankan pada ciri khas motor street fighter.
Sepintas pada sosoknya hadir kesan sporty, modern, sekaligus sensasi ekstrem. Meski demikian, detail minor dari skema warna yang ditawarkan setidaknya membuat penampilannya lebih mewah.
Kesan retro yang kuat ditampilkan melalui desain headlamp bulat. Daya tarik lainnya didapat melalui penyematan all LED lighting system dan lensa bening pada lampu senja, belakang, dan sein sehingga menghasilkan pencahayaan modern.
Dari samping, tampak jelas terekspos bagian mesin atau mekanikal. Sedang bagian belakang, gaya street fighter sangat kuat. Ini semua meningkatkan sensasi gagah, maskulin, serta tambahan kesan ekstrim.
Tapered handle bar juga turut meningkatkan kepercayaan diri dan kelincahan berkendara di setiap jenis medan.
Posisi riding agak condong ke bagian depan, menempatkan pengendara dekat dengan roda depan. Jok pembonceng memberikan ruang yang cukup, didukung dengan tali untuk keamanan.
Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan ketinggian tempat duduk 810 mm.

Mesin

Tampilan full digital panelmeter dengan pencahayaan berwarna biru, berisi informasi posisi gir, dan shift up indicator. Dilengkapi pula informasi putaran mesin, kecepatan, odometer, bahan bakar, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta penunjuk waktu.
Honda CB650R baru makin sempurna dengan dukungan mesin tangguh dan fitur canggih untuk memberikan sensasi berkendara maksimal. Performa tinggi disematkan untuk mendukung penampilan.
Ia dibekali mesin 4-silinder, 650 cc, DOHC, 6-percepatan, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 89 Hp pada 11.000 rpm dan torsi kuat 60,7 Nm di putaran 8.000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar tercatat 15,4 liter, dan spesifikasi mesin sudah memenuhi standar emisi yang ditetapkan pemerintah.
Model knalpot memiliki desain compact namun kokoh. Menambah kesan maskulin sekaligus memberi performa optimal pada putaran bawah-tengah. Lubang gas buang sisa pembakaran ini juga mampu menghasilkan suara yang khas dan berkelas.
Big bike 650 cc ini ditopang oleh rangka diamond steel yang kokoh berbentuk elips. Dirancang untuk memberikan kesan gagah dan kestabilan maksimal.
Keseimbangan kekuatan didapatkan melalui penyetelan secara khusus yang lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar, sehingga memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara.

Fitur

Pelek aluminium dibalut ban depan berukuran 120/70-R17, serta ban belakang ukuran 180/55-R17. Model ini menggunakan kaliper rem depan berpiston empat dengan cakram 310 mm.
Di bagian belakang tersemat kaliper berpiston tunggal dengan cakram 240 mm. Masing-masing menghasilkan daya pengereman berlimpah dengan ABS 2-channel sebagai peranti standar.
Fitur yang dijajakan membuatnya lebih unggul dari kompetitor. Menggunakan suspensi depan jenis inverted telescopic Showa 41 mm, untuk meningkatkan kenyamanan handling. Suspensi belakang dengan lengan ayun alumunium, menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada di atas knalpot di sisi kanan. Bagian ini memiliki pengaturan hingga 10 level, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.
Fitur assist/ slipper clutch disematkan, membuat tuas kopling menjadi lebih ringan dioperasikan. Teknologi ini sekaligus mengurangai efek engine brake ketika melakukan penurunan gigi dengan cepat.
Honda Selectable Torque Control (HSTC) menjadi peranti wajib untuk Honda CB650R. Bertugas menyesuaikan tenaga mesin demi mengoptimalkan torsi pada roda belakang dan mengurangi selip.
Fitur kesemalatan lain yang tersemat yakni Emergency Stop Signal (ESS), mampu memberikan peringatan ke pengendara lain khususnya bagian belakang. Karena saat pengereman mendadak, kedua lampu sein menyala secara berkedip. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad