Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Varian Honda CRF 250 L dan Rally Segera Dapat Pembaruan

PONTIANAK - Honda CRF 250 L dan CRF 250 Rally segera mendapatkan pembaruan. Tampak tak ada perubahan dari segi fasad, tetap mengedepankan konsep tualang seperti kala keduanya lahir. Pengembangan justru menyasar ke ranah teknis - mesin dan elektronik. Berikut kebaruan yang ditawarkan keduanya.
 

 

Berita peluncuran generasi terbaru duet CRF 250 ini disebar langsung oleh media asal Thailand, Great Biker. Wajar lantaran mereka punya kedekatan, di mana motor tersebut memanglah diproduksi oleh AP Honda - pemegang merek Honda di negeri Gajah Putih. Sumber serupa juga menyebut, baik CRF 250 L maupun CRF 250 Rally bakal dirilis bersamaan. Ubahan pertama terlihat dari versi trail di mana ia bakal kedapatan lampu utama jenis LED. Dengan demikian penyajiannya selevel dengan CRF 250 Rally. Bedanya penjelajah satu ini mengaplikasi dual headlamp layaknya petarung Honda di ajang Rally Dakar.
Satu bagian paling mencolok, konon terletak pada sektor mesin. Kubikasinya masih sama yaitu 250 cc. Hanya saja ada peralihan pada sistem pengapiannya. CRF 250 L dan CRF 250 Rally akan menggunakan busi ganda - bukan satu busi lagi. Posisi keduanya pun berbeda. Satu busi berlokasi di kepala piston, sementara lainnya ditaruh dengan sudut kemiringan sekitar 30 derajat dari kepala piston (tempat busi pertama). Dengan begitu, proses pembakaran menjadi lebih optimal. Berkat itu pula efisiensi kedua produk meningkat, plus membuatnya kian ramah lingkungan. Setidaknya itulah rumor yang beredar seputar pengembangan pada sektor mesin duet CRF 250 ini.
Sedangkan pada jantung mekanik, performa mesin DOHC 4-tak injeksi berkapasitas total 249,6 cc tetap dipertahankan. Keduanya pun sama-sama dirancang dengan bore x stroke: 76 x 55 mm dan rasio kompresi: 10,7:1. Alhasil, keluaran daya tercapai adalah 24,4 Hp di putaran mesin 8.500 rpm. Sementara momen puntir maksimal 22,6 Nm/6.750 rpm. Ada pula isu lain yang berkembang karena kedua varian juga kabarnya mendapatkan kelengkapan elektronik berupa kontrol traksi. Mengenai terapan satu ini, mestinya bermanfaat bagi penunggang CRF 250 L atau CRF 250 Rally.
Umumnya produk Honda lain, penyegaran juga menyentuh ke sektor panel meter. Meski penyajiannya tetap sama (digital), ada kemungkinan ubahan minor terdapat pada pendaran lampu - dari sebelumnya berwarna putih menjadi biru. Dari paparan mereka, rasanya itu saja pengembangan yang didapat konsumen terhadap CRF 250 L dan CRF 250 Rally versi 2020. Mengenai rancang bangun seperti sasis atau swingarm tak ada perubahan. Pun halnya dengan perangkat kaki-kaki serta sistem pengereman. Kabar terbarunya, kedua produk meluncur bersamaan dalam waktu dekat di Thailand.
Artinya, tinggal menantikan saja kedatangan edisi baru ini ke Tanah Air. Di Indonesia sendiri, PT Astra Honda Motor (AHM) hanya meniagakan satu tipe saja yakni Honda CRF 250 Rally. Lantaran didatangkan dari Thailand, maka tak ada perbedaan dari segi tampilan. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad