Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Honda CBR150R Dengan Wajah Baru Menegaskan Motor Sport Fairing Terbaik Di Kelasnya

PONTIANAK - Honda kembali menggebrak pasar sepeda motor tanah air. Di Awal tahun 2021 ini, All new CBR150R diperkenalkan ke publik, tepatnya pada Rabu, 12 Januari 2021.
Motor sport fairing bermesin 150 cc dari PT Astra Honda Motor ini hadir dengan ubahan yang bisa disebut hampir menyeluruh, serta dibubuhi fitur terbaru.
 

 

Di antaranya, suspensi upside down, transmisi dengan assist dan slipper clutch, serta beberapa ubahan lain. Dengan pembaruan yang dilakukan, Honda menyebut CBR150R kini lebih nyaman dan tetap bertenaga meski bobotnya bertambah 2kg.
Untuk membuktikan hal itu, Honda mengajak Pikiran-Rakyat.com untuk 'kencan' singkat dengan CBR 150 R di AHM Safety Riding & Training Center, Cikarang, Jawa Barat beberapa waktu lalu.
Dalam artikel berjudul "Test Ride All New Honda CBR150R: Tampilan dan Fitur Baru, Performanya?", di fasilitas pengujian produk milik Honda dengan panjang lintasan 980 meter ini, All new CBR150R kami geber sebanyak lima lap.
Berbagai konsep trek disajikan. Mulai dari lintasan lurus, berkelok hingga tikungan tajam. Hal ini untuk membuktikan performa, handling dan kenyamanan dari Honda CBR 150R.
Dengan tinggi 178 cm, tinggi motor ini terbilang ideal bagi postur tubuh masyarakat Indonesia, pijakan kaki sempurna. Secara dimensi, motor ini memiliki ukuran 1.983 x lebar 700 x tinggi 1.077 mm. Angka ini lebih lebar 6 mm dari model sebelumnya.
Posisi badan tidak terlalu merunduk, serta jok yang terbilang empuk. Untuk melakukan perjalan dengan jarak jauh, dengan didukung bagian bawah tangki yang ramping rasanya pengendara masih akan tetap nyaman.
Setelah mendapat posisi riding yang dirasa enak, gas langsung di tancap. Pertama yaitu melewati lintasan berkelok. Walaupun bodi yang lebih besar besar dan bobot lebih berat, namun CBR150RR masih enak untuk di ajak di jalanan yang berkelok.
Dengan mode jalan yang berkelok, rasanya Honda ingin menggambarkan bila motor sport ini tetap lincah saat di ajak di manuver di jalanan perkotaan yang lalu lintasnya padat.
Kopling di CBR 150R yang telah mengadopsi teknologi assist and slipper clutch sehingga terasa terasa empuk. Perpindahan transmisi dari motor 6 percepatan ini terasa mulus dan responsif. Hal ini juga terasa saat motor melewati jalanan yang menikung terasa ringan.
Sebagai informasi, fitur ini jga berfungsi untuk mencegah ban belakang selip yang disebabkan engine brake saat penurunan gigi secara ekstrem.
Lantas bagaimana akselerasinya? Meski bobotnya bertambah 2kg, namun tidak begitu terasa. Saat motor digeber hingga 90-100 100 km/jam, motor tidak terasa bergetar ataupun goyang.
Namun saat kecepatan di atas 100 km/jam, mulai terasa getaran di bagian mesin. Untuk sistem pengereman juga terbilang nyaman. Motor tetap terjaga kesimbangannya meski di lakukan pengereman secara mendadak. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad