Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

Kalbar

Jembatan Gantung Tapang Tua Hampir Roboh

PUTUSSIBAU - Ratusan siswa diperkirakan kesulitan untuk masuk sekolah menyusul terancam putusnya Jembatan Gantung di Dusun Tapang Tua Desa Pengkadan Hilir Kecamatan Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu. Kondisi jembatan gantung tersebut kini sudah condong, membuat masyarakat setempat sudah tak berani melalui jembatan itu. 


 

"Akibat jembatan itu mau putus, kami masyarakat dan siswa tempat kami pun terancam putus transportasi," kata Jumadi Sekretaris Desa Pengkadan Hilir Kecamatan Pengkadan, Rabu (16/12).
Jumadi menjelaskan kondisi jembatan seperti itu terjadi pada tanggal 9 Desember malam saat mau Pemilukada.
"Awal mula robohnya jembatan tersebut ditandai dengan goncangan yang sangat kuat jika dilewati menggunakan motor dan jembatan roboh terjadi pada malam hari antara pukul 02.00 - 04.00 Wib pagi sehingga tidak menimbulkan korban," ujarnya.
Lanjut Sekdes, jembatan gantung tersebut merupakan akses utama bagi masyarakat karena jembatan tersebut menghubungkan dua dusun yakni Dusun Tapang Tua dan Dusun Sengkalu.
Meskipun masih ada jalan utama yaitu jalan Mawan menuju Pengkadan Hilir menuju Ujung Said, akan tetapi jalan utama berlumpur dan sangat sulit untuk dilewati menggunakan motor apalagi musim penghujan.
"Kami dari pihak desa belum melakukan upaya apaa - apa dikarenakan pondasi jembatan yg sudah tua dan kemungkinan jika ditarik menggunakan alat bantu, pondasi penyangganya bisa roboh," paparnya.
Untuk itu Jumadi sangat berharap kepada Pemkab Kapuas Hulu agar segera memperbaiki atau membangun baru jembatan, mengingat jembatan tersebut sangat penting untuk transportasi masyarakat.
"Kita sudah masukan proposal perbaikan jembatan ini ke Bupati, mudah - mudahan jembatan ini cepat ditangani," tuturnya.
Ditambahkan Jainal Dulhalim Kadus Tapang Tua Desa Pengkadan Hilir membenarkan jika kondisi jembatan gantung di Dusunya sudah mau roboh.
"Jembatannya mau putus saat masa pemilihan Bupati Kapuas Hulu 9 Desember 2020. Kami harap jembatan itu segera ditangani Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu," pungkasnya. (fiq)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad