Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Honda PCX 160 Akan Segera Hadir di Tanah Air


PONTIANAK - Lepas dari urusan mesin, ubahan terjadi pada rancang bangun. Disebut Honda, rangka dari PCX 150 didesain ulang. Bertujuan mengurangi bobot pada sasis, namun tetap mempertahankan sisi rigiditasnya.



Mestinya menjanjikan bila menilik kembali kemampuan PCX sekarang. Bahkan tak hanya itu. Upaya untuk menambah kenyamanan pengendara tampak dengan adanya rubber mount (dudukan karet) di area setang, demi mereduksi getaran selama berkendara.
Memang tak ada ubahan dalam penggunaan jenis peredam kejut. Di depan tetap mengandalkan fork teleskopik dan suspensi ganda tanpa tabung di buritan. Keunikan justru terlihat pada lingkar roda.
Bagian depan-belakang masing-masing berukuran 110/70-14 dan 130/70-13. Selain beda ukuran dengan PCX 150, pemilihan diameter pelek PCX 160 pun tak sama alias belang.
Sayang, penghenti laju lawas berupa cakram di kedua roda dan antilock braking system (ABS) hanya untuk ban depan tetap dipertahankan. Sepakat bila Anda menilai ini kekurangan, mengingat kompetitor mengaplikasi rem sensor tadi untuk dua roda.
Kendati begitu, ada hal lain yang membuatnya selevel sang rival. Itu karena PCX 160 sudah dipasangi fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Seperti terapan di motor Honda lain, perangkat elektronik ini bakal mengatur otomatis putaran roda belakang dan depan, agar tak terjadi slip terutama di jalan basah. Termasuk pula Idling Stop System (ISS) yang bertujuan mengefisiensi penggunaan bahan bakar.
Dituliskan melalui data teknis, penggunaan bensin PCX 160 mencapai 53,5 kpl (dikendarai dengan dua orang). Untuk fitur lain seperti power outlet juga diamini. Hanya saja PCX 160 sudah menggunakan soket USB type-C sebagai standar. Ketiga hal tak ditemui pada PCX model lama.
Tentang fitur lain semisal sistem kunci pintar (keyless), tetap tersaji di PCX 160. Tinggal putar kenop untuk menyala-matikan kontak. Perbedaan impresi terlihat pada panel instrumen. Layar digital yang terletak di bagian tengah punya bentuk dan ukuran berbeda. Kesan kokpit nan lapang pun kian terasa karena bidang penampang lampu indikator, dibuat lebih lebar.
Sementara untuk membuka cover tangki bensin dan jok, bisa dilakukan melalui tombol di samping rumah kunci. Untuk catatan, dimensi PCX 160 lebih besar dari PCX 150. Tentu berdampak positif karena dia mampu meminum bahan bakar sebanyak 8,1 liter. Sementara daya tampung barang di bawah kursi, berkapasitas 30 liter. Lebih banyak dari PCX lawas dan NMax terbaru.
Segala pembaruan itu pun akhirnya dibungkus oleh desain anyar. Sepakat jika dikatakan PCX 160 semakin sporty. Pada generasi lanjutan PCX ini, lekukan tubuh menajam kian ditonjolkan pihak Honda. Diikuti pula oleh perubahan desain penerangan, baik depan maupun belakang yang seluruhnya sudah berjenis LED.
Hal mencolok bahkan tertuju ke area kaki-kaki. Bisa dilihat model pelek PCX 160 jauh lebih atraktif dengan pola demikian. Begitu pula cover knalpot yang jauh lebih pipih dari PCX terdahulu.
Di Jepang sendiri Honda PCX 160 ditawarkan dalam empat v arian warna yakni Candy Raster Red, Matt Dim Gray Metallic, Poseidon Black Metallic dan Pearl Jasmine White. Untuk harga, konsumen di negeri Sakura bisa menebusnya dengan banderol 407,000 Yen atau sekitar Rp 55 jutaan.
Namun unitnya sendiri dikatakan baru rilis 28 Januari 2021. Sudah sewajarnya produk ini menjadi konsumsi khalayak di Indonesia. Dan pastinya pula meluncur dalam waktu yang tak beda jauh. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad