Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Honda Bersiap Hadirkan Honda Vario 160

PONTIANAK - Honda baru saja merilis PCX 160, yang hadir dengan mesin baru eSP+, kapasitas silinder lebih besar, dan jumlah katup lebih banyak. Setelah PCX 160, pabrikan sayap mengepak itu dikabarkan siap memperkenalkan Honda Vario 160.



Honda PCX dan Vario merupakan dua motor skutik yang berbagi platform mesin yang sama. PCX 150 dan Vario 150 yang saat ini dijual di Indonesia oleh Astra Honda Motor (AHM), mengusung dapur pacu SOHC, 2 katup, 149 cc, dengan bore x stroke: 57,3 mm x 57,9 mm dan rasio kompresi mesin 10,6: 1.
Meski identik, performa mesin keduanya memang ada sedikit perbedaan, PCX punya power 10,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm, sedangkan Vario 150 powernya 9.7 kW di 8.500 rpm dan torsinya 13,4 Nm pada 5.000 rpm.
Sehubungan diperkenalkannya PCX 160, Honda dikabarkan bersiap-siap merilis Vario 160. Seperti dikutip dari Greatbiker, mesin eSP + baru Honda akan dikembangkan lebih lanjut untuk digunakan pada lini skutik sport kembaran Vario di Thailand, Honda Click.
Nantinya, generasi terbaru Honda Vario 160 diharapkan dibekali dapur pacu yang sama dengan PCX 160, yakni mesin eSP +, 156 cc, 4 klep, bore x stroke: 60,0 mm x 55,5 mm, rasio kompresi 12: 1. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 15,8 dk pada 8.500 rpm dan torsi 15 Nm pada 6.500 rpm.
Karena positioning Vario di bawah PCX, sulit membayangkan Vario mendapatkan fitur-fitur advance seperti PCX. Seperti diketahui, Honda PCX 160 memiliki fitur kontrol traksi HSTC, rem cakram depan-belakang, juga fitur Anti-lock Braking System (ABS).
Di kelas yang sama, saat ini Vario 150 berkompetisi langsung dengan Yamaha Aerox 155. Jika nantinya, Vario 150 benar-benar di-upgrade menjadi Vario 160, maka ia bisa mengungguli kompetitornya tersebut dari sisi performa mesin. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad