Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Honda MSX125 Grom Terbaru Resmi Meluncur

PONTIANAK - AP Honda merilis MSX125 Grom dengan update besar. Dirinya mendapat banyak penyegaran untuk model 2021. Utamanya pada sektor tampilan dan dapur pacu yang kini memiliki girboks 5 percepatan. Disediakan dalam dua varian, standar dan ABS. Masing-masing dijual 69.900 baht (Rp 32,7 juta) dan 77.400 baht (Rp 36,2 juta).



Mengingat pandemi masih terjadi di Thailand, acara peluncuran berlangsung secara daring pada 21 Oktober 2020. Motor mungil ini tidak lagi menggunakan sebutan Grom untuk pasar Eropa atau MSX125 untuk Asia. Sekarang, model global ini secara resmi dikenal sebagai MSX125 Grom. Ia menerima perubahan desain besar serta mesin. Faktanya, ini pertama kalinya Honda Grom / MSX menerima pembaruan besar sejak debut resminya pada 2013.
Meski masih dapat langsung dikenali sebagai MSX125 berkat proporsinya yang unik, kini desain eksterior modern pada dirinya makin kentara. Bodywork-nya sekarang mendapat warna yang cerah dengan kombinasi sudut tajam. Menariknya, komponen itu mudah dilepas dan bisa disesuaikan keinginan pemilik.
Setiap sisi bodinya ada enam baut lucu dengan warna yang kontras. Peranti itu menjaga panel tetap di tempatnya. Honda merancangnya agar para pemilik dapat menigkatkan personalisasi motor mereka dengan menukar panel. Kelir yang disediakan juga cukup banyak, pengguna dapat memilih sesuai selera.
Honda juga melengkapi unit jok dan subframe yang telah direvisi. Kursi yang sebelumnya memberi kesan sporty dengan ekor tinggi, sekarang menjadi flat layaknya papan setrika. Hasilnya, siluet MSX125 lebih retro. Tangki dan panel samping yang memiliki keterkaitan visual dengan motor sport, sekarang memiliki ciri khas. Terlihat seperti sepeda motor konsep Honda yang berjuluk Bulldog. Penampung besin itu membungkus rapi kerangka tulang punggung. Untuk unit 2021, ia memiliki kapasitas 6 liter atau lebih besar 500 ml dari versi sebelumnya yang berkapasitas 5,5 liter.
Bentuk geometrinya masih sama seperti sebelumnya, dengan jarak sumbu roda 1.200 mm dan sudut kemudi 25 derajat. Bobotnya kini 103 kg atau lebih berat 1,3 kg dari versi lama, tetapi masih dalam kategori ringan. Tinggi kursinya 761 mm atau 4 mm lebih rendah dari model 2020, sementara ground clearance ditingkatkan dari 160 mm menjadi 180 mm.
Buat sasis tulang belakang, garpu upside-down 31 mm, swingarm baja dan monoshock pada dasarnya tidak berubah. Begitu pula ukuran roda dan ban, 120 / 70-12 di depan dan 130 / 70-12 di belakang. Peleknya sendiri adalah lima spoker baru yang kembali muncul mengambil inspirasi dari konsep Bulldog 2015.
Meski terlihat sama seperti sebelumnya, nyatanya ia menggendong jantung mekanis baru. Namun karakteristiknya masih mengandalkan mesin 125 cc, silinder tunggal, 4 tak, berpendingin udara berteknologi PGM-FI. Dan dirinya kini sudah memenuhi standar Euro 5.
Jeroan mesin mengalami sedikit perubahan. Seperti ukuran bore x stroke yang kini 50 mm x 63,1 mm, bukan 52,4 mm x 57,9 mm. Meski begitu, tenaga puncak dan torsi masih sama dengan versi lawas, dengan 9,7 Hp pada 7.250 rpm dan 10,5 Nm pada 5.500 rpm. Tetapi mesin baru ini mendapatkan rasio roda gigi ekstra, menjadikannya total lima kecepatan. Dirancang untuk membantu pengendaranya mendapatkan rasio jelajah yang lebih rileks. Efek dari penambahan transmisi, kini kecepatan tertinggi meningkat dari 57,2 mph (92 kpj) menjadi 58,4 mph (94 kpj).
Selain itu, New Honda Grom kini hadir dengan fitur full LED headlamp, membuat tampilannya lebih modern. Panel instrumen sekarang pakai model LCD display full digital. Isinya cukup lengkap, mulai dari spidometer, takometer, penunjuk bensin, jam, penunjuk transmisi, dan odometer. Dia juga telah dibekali dengan shift timing light, sebagai tanda yang tepat bagi pengendara untuk berpindah gigi. Tak lupa pula sistem ABS with G-Sensor dua channel-nya yang telah terhubung ke unit IMU internal untuk keamanan lebih baik.
Honda Thailand memasarkan motor barunya dengan slogan "Mod it yourself" atau "MIY". Di saat yang sama, mereka juga memperkenalkan H2C atau kit kustom resmi dari pabrikan. Hadirnya aksesori itu, konsumen berkesempatan untuk memodifikasi MSX125 Grom sesuai selera. Disediakan dengan 3 opsi berbeda: Motard Monsters, Scrambler Rambler, dan Adventure Master.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad