Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HiburanOtomotif

Honda Menjadi Motor Sport Pertama Yang Menggunakan Rem Cakram

PONTIANAK - Rem menjadi perangkat penting untuk mengurangi laju sepeda motor. Berdasarkan jenisnya, rem sepeda motor dibagi menjadi dua, teromol dan cakram. Motor-motor keluaran terbaru saat ini sudah meninggalkan sistem rem teromol dan beralih ke rem cakram. Tapi asal tahu saja, teknologi rem cakram ternyata sudah ada dan dikembangkan sejak tahun 1950-an.
 
Honda CB750 Four

Melansir dari situs Drive Spark, teknologi rem cakram kali pertama digunakan pada medio 1950-an untuk mobil balap. Pada 1962 rem cakram kemudian digunakan di industri sepeda motor. Lambretta TV175 Series 3 menjadi sepeda motor pertama yang menggunakan sistem rem cakram.
Selanjutnya pada 1975 rem cakram juga digunakan pada motor sport besutan Honda, CB750 Four. Honda CB750 Four jadi motor massal pertama yang menggunakan rem cakram di roda depan dan belakang.
Mengutip dari laman Honda Global, prototipe Honda CB750 Four awalnya ditawarkan dalam dua pilihan spesifikasi rem yakni teromol dan cakram. Kemudian bos Honda, Soichiro Honda, dengan mantap memilih rem cakram untuk produk massal CB750 Four.
"Kami merancang dua spesifikasi terpisah dengan sistem pengereman berbeda. Satu menggunakan rem teromol konvensional dan satu lagi menggunakan rem cakram. Dari keduanya, rem cakram baru-baru ini dikembangkan, sehingga akan membutuhkan lebih banyak waktu pengujian. Jika mengadopsi rem cakram kami tidak yakin kami bisa menyelesaikan target pengerjaan," bilang penanggung jawab proyek Honda CB750 Four, Yoshiro Harada.
"Ya, tentu saja kita harus menggunakan rem cakram," kata Soichiro Honda menanggapi pertanyaan Harada.
Dibanding rem teromol, rem cakram memiliki sejumlah keunggulan. Antara lain memiliki tingkat pengereman lebih pakem dan lebih menggigit, rem cakram juga tidak cepat panas karena posisinya yang terletak di luar. Selain itu, rem cakram mudah perawatannya dan harga suku cadangnya diklaim lebih terjangkau.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad