SLIDER

header ads

Honda Super Cub 1958 Terbuat Dari Kardus, Kok bisa?

PONTIANAK - Enam orang siswa di Jepang membuat replika Honda Super Cub C100 tahun 1958. Menariknya, replika itu dibuat dari kardus bekas yang ada di gedung sekolah mereka.
Super Cub 1958 dari Kardus

Dilansir dari Zing, penampakan hasil prakarya mereka itu kini ditunjukkan melalui situs Super Cub Fansite di Jepang. Siswa dari Sekolah Tinggi Teknik Yawatahama di Provinsi Shikoku, Jepang Selatan itu memakai 50 kardus bekas.
Selain kardus bekas, ada beberapa material pendukung untuk membuat motor terlihat serupa. Memiliki ukuran yang yang sama dengan versi aslinya, mereka juga membaut replika C100 hampir sempurna dengan menambahkan beberapa detail.
Sayangnya lantaran tidak bisa melihat versi asli secara langsung, mereka punmengandalkan gambar motor berusia lebih dari 60 tahun itu melalui internet. Mereka membuat setang melengkung dan lebih rendah di tengah agar sesuai dengan sepeda motor aslinya.
Bagian itu bahkan dilengkapi dngan panel kecil dan kaca spion di sisi kanan. Lalu, setir dan lampu sein terbuat dari inti karton dengan banyak lipatan untuk membedakannya dengan permukaan datar lainnya.
Detailnya luar biasa

Hebatnya, bagian dalam rem tangan dirancang dengan pegas untuk mensimulasikan operasi pengereman seperti motor sungguhan. Sementara bagian roda sebenarnya dibuat paling pertama lantaran memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, selain setang dan garpu depan.
Kabarnya, di awal pembuatan, mereka sampai membaung banyak kardus karena tidak bisa membaut permukaan yang diinginkan. Mereka juga harus belajar tentang teknik perawatan sampul karton untuk menerapkannya pada proyek itu.
Lalu, di bagian jok juga diberi engsel dengan poros kayu. Saat dibuka, akan terlihat penutup tangki bensin. Sementara secara keseluruhan, fram sepeda motor itu terbuat dari material utama kayu.(*)

Posting Komentar

0 Komentar