Post Top Ad

Kombis

Teknologi

Post Top Ad

KombisNasionalXL

XL Axiata Siap Sambut Ramadan 2025 dengan Peningkatan Layanan dan Jaringan

JAKARTA, KP – Menyambut bulan suci Ramadan 2025, XL Axiata siap memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dengan berbagai inovasi dan peningkatan jaringan yang signifikan. Mengusung tema Ramadan Bulan Ramah, XL Axiata telah mempersiapkan seluruh layanannya, mulai dari penguatan jaringan, beragam promo paket internet, hingga pelayanan pelanggan yang siap melayani setiap saat.

 



Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menyatakan, “Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, terutama pelanggan Muslim, XL Axiata secara rutin setiap tahun di bulan Ramadan selalu berupaya penuh untuk memperkuat jaringan dan menghadirkan paket-paket promo yang spesial. Program ini kemudian akan berlanjut selama libur panjang Lebaran, sehingga semakin luas pelanggan dan masyarakat yang dapat memanfaatkannya.”

Menurut Gede, Ramadan dan Lebaran menjadi momentum penting bagi bisnis telekomunikasi karena lonjakan trafik yang signifikan, diperkirakan meningkat sekitar 15%-20%. Hal ini menjadi berkah sekaligus tantangan bagi XL Axiata dalam menjaga kualitas jaringan sepanjang periode tersebut.

Strategi dan Peningkatan Jaringan

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik dan memastikan kenyamanan pelanggan selama Ramadan hingga Lebaran, XL Axiata telah melakukan berbagai langkah strategis guna menjaga kualitas jaringan, antara lain:

  • Penambahan kapasitas di lebih dari 2.000 BTS.

  • Penempatan 120 MBTS (Mobile BTS) untuk mendukung kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran.

  • Peningkatan kapasitas core sebesar 20% serta kapasitas RAN untuk lebih dari 2.000 situs.

  • Dengan rata-rata utilisasi kapasitas saat ini sebesar 60%, XL Axiata memprediksi utilisasi selama Ramadan dan Lebaran akan mencapai sekitar 78%.

Untuk memastikan kesiapan jaringan, XL Axiata juga menerapkan inovasi dan teknologi canggih, termasuk:

  • Uji jaringan tanpa pengemudi untuk mengidentifikasi area yang perlu dioptimalkan.

  • Sistem peringatan otomatis untuk memantau penurunan pengalaman layanan dan menyeimbangkan kapasitas saat terjadi lonjakan trafik.

Selain itu, XL Axiata telah mengantisipasi tren penggunaan layanan data, tradisi mudik, serta pergerakan pelanggan selama libur panjang Lebaran. Infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan digunakan masyarakat selama libur Lebaran juga menjadi perhatian dalam penguatan jaringan.

Pemantauan 24/7 dan Tim Teknis Siaga

XL Axiata telah menyiapkan sumber daya yang memadai, termasuk:

  • Tim teknis siaga yang memantau kondisi jaringan 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

  • Tim lapangan yang siap bergerak kapan saja jika diperlukan.

  • Fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) di kantor pusat XL Axiata untuk memastikan stabilitas jaringan di seluruh wilayah operasional.

Jaringan dan Infrastruktur XL Axiata

Saat ini, XL Axiata memiliki lebih dari 58,8 juta pelanggan, didukung lebih dari 165 ribu BTS, mayoritas berbasis 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik sepanjang lebih dari 190 ribu km yang tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia. Tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik (fiberized) telah mencapai 63%. XL Axiata juga terus berinvestasi dalam pengembangan jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, serta berbagai peningkatan lainnya untuk memastikan kualitas layanan data yang stabil, kapasitas jaringan yang memadai, dan kesiapan implementasi 5G di masa depan.

Selain itu, XL Axiata juga terus memperkuat bisnis layanan Fixed Mobile Convergence (FMC). Saat ini, cakupan jaringan layanan FMC telah diperluas ke 127 kota/kabupaten, dengan total homes passed mencapai lebih dari 6 juta.

Dengan berbagai inovasi dan kesiapan jaringan ini, XL Axiata optimis dapat memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan selama bulan Ramadan dan Lebaran 2025.(*/Red)

Baca Juga

Post Top Ad