Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Bank KalbarHUT 60 Bank KalbarKalbarPj GubernurPontianak

60 Tahun Bank Kalbar Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat Kalimantan Barat

PONTIANAK, KP - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) pada tanggal 15 April 2024 genap berusia 60 tahun, Perjalanan yang panjang bagi Bank Kalbar dalam memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah setianya.Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Bank Kalbar, Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., memimpin apel dan menyampaikan pesan dan kesannya di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, pada Selasa (16/4/2024).

Pj Gubernur Kalbar Harisson menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat turut mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 kepada para peserta dan tamu undangan.

Selain itu dirinya juga mengucapkan “Selamat” kepada seluruh Jajaran Komisaris, Dewan Pengawas dan Direksi serta para Pejabat di lingkungan PT BPD Kalbar atas pencapaian yang telah diraih sampai saat ini, sebagaimana pada tanggal 20 Maret 2024 yang lalu, Bank Kalbar meraih penghargaan TOP Pembina BUMD 2024, TOP BUMD Award Bintang 5 (lima) dan TOP CEO BUMD Tahun 2024.

"Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Bank Kalbar, saya memberikan arahan yang penting terkait pengembangan sistem teknologi informasi yang aman dan efisien ke pengelola BPD Kalbar," kata Harisson.

Harisson menegaskan bahwa Bank Kalbar harus memprioritaskan digitalisasi sebagai langkah strategis untuk memperkuat peran bank dalam mendukung perekonomian regional.

Dengan meningkatkan layanan digital, termasuk melalui pengembangan aplikasi Mobile Banking dan sistem pembayaran QRIS Merchant, Bank Kalbar diharapkan dapat memberikan akses keuangan yang lebih luas dan memudahkan transaksi nasabah, terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Korporasi (UMKM).

"Digitalisasi Bank Kalbar harus menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan layanan terbaik kepada nasabah. Hal ini juga akan memungkinkan Bank Kalbar untuk bersaing lebih baik dengan bank-bank lain di tingkat lokal maupun regional," tuturnya.

Selain itu, Harisson menekankan pentingnya manajemen risiko yang baik dalam penerapan digitalisasi. Pengembangan teknologi informasi harus dilakukan dengan memperhatikan aspek keamanan data dan menjaga kualitas layanan agar memenuhi standar yang diharapkan oleh nasabah.

"Dengan arahan ini, Bank Kalbar diharapkan dapat menjadi pelopor dalam penerapan teknologi informasi di sektor perbankan, memperluas akses keuangan bagi masyarakat, dan mendukung pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat melalui pembiayaan yang berkelanjutan untuk UMKM," katanya.

Terkait penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance/GCG), Penjabat Gubernur Kalbar meminta kepada seluruh Pejabat dan pegawai di lingkungan Bank Kalbar agar menganut budaya sadar risiko, budaya patuh, serta meningkatkan pengawasan melekat dalam upaya Pencegahan Korupsi dan fraud (kecurangan/tipuan) serta temuan berulang dari pemeriksa internal maupun eksternal yang dapat mengarah kepada timbulnya risiko hukum.

Seusai Upacara tersebut, Direktur Utama PT BPD Kalbar, H. Rokidi, S.E., M.M., menyampaikan bahwa sejalan dengan apa yang disampaikan Pj Gubernur Harisson, dirinya berkomitmen agar Bank Kalbar dapat meningkatkan peran intermediasi terutama dalam meningkatkan dan mendukung program pemerintah dalam memberdayakan UMKM, kemudian Digitalisasi Perbankan agar tetap eksis, serta mengeliminir dan meminimalisir terjadinya Fraud sebisa mungkin setidaknya akan mengurangi Fraud-fraud yang pernah terjadi di Bank Kalbar serta optimalisasi Corporate Social Responsibility (CSR).

“Bank Kalbar akan meningkatkan layanan digitalnya, tentunya dari core-nya yaitu banking-nya yang akan dibenahi, dan hal itu adalah dasar tentang bagaimana kita mengembangkan digitalisasi sebagaimana apa yang telah dilakukan oleh bank. Selain itu untuk Corporate Social Responsibility (CSR) atau Program CSR, sebagaimana amanat Undang-undang bahwa 2,5 persen dari laba harus diserahkan untuk CSR yang melingkupi seluruh wilayah Kalimantan Barat. Dimana CSR tersebut merupakan kewajiban perusahaan untuk berkontribusi terhadap sosial masyarakat, termasuk bantuan-bantuan yang kita serahkan hari ini,” terangnya.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat ke-60 Tahun turut dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari, S.Sos., M.Si., Pj. Ketua TP PKK Prov. Kalimantan Barat, Ny. Windy Prihastari Harisson, S.STP., M.Si., Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah dan Direksi PT BPD Kalbar, Kepala OPD dan Kepala Biro di lingkup Pemerintah Provinsi Kalbar, Direksi PT Jamkrida Kalimantan Barat, Direksi Perumda Aneka Usaha Kalimantan Barat, Para Kepala Divisi, Pimpinan Cabang lingkup PT BPD Kalbar serta Jajaran Staf yang mengikuti upacara pada hari ini.(*/Red)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad