Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarKemenag SingkawangManasik HajiSingkawang

113 Orang Jemaah Haji Reguler Ikut Bimbingan Manasik Haji

Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Terus Bekerja, Tanpa Tapi

 
SINGKAWANG, KP - Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Musim Haji Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi Tingkat Kecamatan se-Kota Singkawang ,  22 April hingga 02 Mei 2024. Kegiatan  bertempat di Masjid Fatabiqul Khairat.

Bimbingan Manasik Haji Musim Haji Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi Tingkat Kecamatan se-Kota Singkawang

Kegiatan bimbingan Manasik Haji ini diprakarsai oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Singkawang.Bekerja sama dengan KUA Kecamatan dan dengan mengundang narasumber yang berkompeten dibidangnya diantaranya ; Kakan Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Muhlis, M.Pd., KH. Bujang Rasnie, BA, H. Hamidi Mi’raj, M.Pd, dr. Hj. Sri Nuryani, Drs. H. Sukardi, M.PS, H. Burhanul Purkan, SE.,M.Si, H. Rasniardhi, ST, dan H. Jahri, S.Ag .

Bimbingan Manasik Haji Musim Haji  diikuti oleh 113 orang Jemaah Haji Reguler,  dengan rincian 55 orang laki-laki dan 58 orang perempuan.

“Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan se-Kota Singkawang ini dilaksanakan secara terpusat,”  ujar Ketua Panitia, Agus Salim, S.E.I. pada Selasa (23/04/2024).


"Hal itu kata Agus,  karena masing-masing KUA tidak memenuhi kuota untuk melaksanakan Bimsik di masing-masing KUA, yang mana merupakan salah satu amanah yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji," ujarnya lebih lanjut.


Dijelaskan dia,  bimbingan masaik haji  merupakan proses pembekalan yang dilakukan oleh Kementerian Agama kepada jemaah haji.


Yang akan dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan untuk tingkat KUA Kecamatan dan sebanyak dua kali  pertemuan di tingkat Kabupaten/Kota.

Bimbingan Manasik haji tingkat Kecamatan ini diikuti oleh 113 orang Jemaah Haji per kecamatan yaitu untuk Kecamatan Singkawang Tengah sebanyak 58 orang, Kecamatan Singkawang Barat sebanyak 31 orang, Kecamatan Singkawang Utara sebanyak 13 orang, Kecamatan Singkawang Selatan sebanyak 7 orang, dan Kecamatan Singkawang Timur sebanyak 4 orang. 


Untuk pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji secara teori dilaksanakan sebanyak 6x yang bertempat di Masjid Fastabiqul Khairat. Sedangkan untuk pelaksanaan manasik haji dilaksanakan di Gedung Serbaguna KH. B. Rasnie, BA Komplek Pesantren Ushuluddin Singkawang. (cok)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad