Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Kerukunan Umat di Singkawang Terjaga Harmonis

 

Foto/// Balitbang Agama Semarang Libatkan Penyuluh Agama Islam Lakukan Survey Kerukunan Umat Beragama /////

Singkawang, Kapuaspost.web.id -  Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Agama Semarang, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menugaskan Tim Survey, untuk melakukan Survey Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Tahun 2024 di Kota Singkawang mulai  tanggal 18 s/d 23 Maret 2024.


  Tim survey yang ditugaskan dari Balitbang Agama Semarang tersebut diantaranya, Yulinar Aini Rahmah selaku Analis Kebijakan Ahli Pertama, dan Rahendra Sukma selaku Pranata Keuangan APBN Penyelia. 


“Tujuan dari dilaksanakannya survey ini adalah untuk mengetahui Intensitas Kerukunan Umat Beragama (KUB), di Kota Singkawang khususnya dan di Indonesia pada umumnya,” ungkap Yulinar Aini Rahmah, Rabu (20/03/2024)


Dijelaskan dia, kegiatan survey di awali dengan mengunjungi Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang yang disambut langsung oleh Kepala Sub Bagian Tatan Usaha, Aliyansah, S.Pd.I, M.Pd.

Dilanjutkan dengan pertemuan dengan para Penyuluh Agama Islam, yang  merupakan surveyor atau petugas yang mendampingi Tim Survey.  Untuk mendata Indeks Kerukunan Umat Beragama di beberapa Kecamatan yang ada di wilayah Kota Singkawang.


 Pertemuan antara Tim Survey dan Para Penyuluh di laksanakan di Operation Room Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.  Dalam rangka penjelasan dan sosialisasi panduan dalam pelaksanaan pendataan indeks Kerukunan Umat Beragama di tengah-tengah masyarakat nantinya.


Yulinar Aini menjelaskan bahwa survey ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui Intensitas Kerukunan Umat Beragama yang ada di Kota Singkawang.


“Dari hasil suvey yang dilakukan oleh Balitbang Agama Semarang secara Nasional Kalimantan Barat menempati posisi ke-8 besar,” jelas dia.


Dua tahun sebelumnya, kata dia lagi,  Kalbar menempati posisi ke-6, walau nilai indeks Kerukunan Umat Beragama terus meningkat tetapi posisi peringkat turun ke urutan 8.


“Walau demikian Provinsi Kalimantan Barat, masuk kategori tinggi dalam survei indeks Kerukunan Umat Beragama secara nasional,” tambahnya.


Lebih lanjut, Yulinar menjelaskan bahwa ada tiga komponen yang menjadi penilaian dalam mengukur indeks tersebut, yakni toleransi, kerja sama dan kesetaraan. 


Ketiga indikator itu nilainya juga masih di atas rata-rata nasional, ditambah lagi Kota Singkawang merupakan Kota yang meraih predikat Kota Tertoleran 3 kali berturut-turut. 


Walau dengan latar warga beragam Agama, Suku dan Etnis tetapi kerukunan umat di Kota Singkawang tetap terjaga dengan harmonis. 


“Hal ini yang menjadi landasan kita untuk lebih lanjut melaksanakan survey Kerukunan Umat Beragama ini,” pungkasnya. (cok)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad