Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarPGD ke XII SekadauSekadau

Pembukaan Pekan Gawai Dayak (PGD) Ke XII kabupaten Sekadau Sukses dan Meriah

Sekadau, Kalbar - Kapuaspost.web.id-  Bupati Sekadau Aron, SH membuka secara resmi kegiatan Pekan Gawai Dayak (PGD) yang  Ke XII kabupaten Sekadau tahun 2023dengan tema Bersatu Untuk Semua', dengan sub tema "Dengan Persatuan Kita Wujudkan Dayak Yang Maju, Bermartabat dan Berdaulat", Selasa (18/07/2023) di rumah betang Youth Center Sekadau.


Ketua panitia, Martinus Siden di pembukaan menyampaikan, bahwa tujuan dilaksanakannya Gawai di Kabupaten Sekadau adalah sebagai acara puncak akhir dari semua gawai yang ada di kampung-kampung di seluruh kabupaten Sekadau. 

"Tujuan PGD ke XII Kabupaten Sekadau adalah sebagai puncak akhir gawai dayak yang ada di kampung-kampung dan sarana mempromosikan budaya Dayak di ajang baik lokal maupun Nasional,"ujarnya.

Sumber dana untuk pelaksanaan Gawai berasal dari dana Hibah Pemda Sekadau dan  sumbangan dari para donatur yang tidak mengikat. 

"Terimakasih atas dukungan dari para sponsornya untuk pelaksanaan PGD tahun 2023," ucapnya.

Dalam kesempatan yang Sama, Ketua DAD kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam  mengucapkan selamat atas pelaksanaan Gawai dayak ke XII kabupaten Sekadau. 

"Selamat melaksanakan Gawai Dayak ke XII kabupaten Sekadau,  mari bersama kita rayakan Gawai dengan suka cita," Ajak Jefray.

Menurut dia, pesta Gawai bukan hanya untuk merayakan pesta panen, tetapi sebagai ungkapan syukur atas semua berkat dan hasil yang kita peroleh selama satu tahun.

Sedangkan Cornelis Kimha, Ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat juga mengucapkan selamat atas terselenggaranya Gawai Dayak yang ke XII kabupaten Sekadau. 

"Selamat melaksanakan Gawai Dayak yang ke XII kabupaten Sekadau, semoga dengan gawai ini, masyarakat adat dayak semakin maju dan semakin bermartabat,"ucapnya.

Dikatakan dia lagi, bahwa DAD sudah ada 41 tahun yang lalu berdiri sedangkan acara Gawai Dayak seperti ini sudah dilaksanakan selama 37 tahun dan DAD provinsi terbentuk sejak tahun 1982.

Sementara itu bupati Sekadau dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan gawai dayak XII kabupaten Sekadau. 

Atas nama pemerintah daerah kabupaten Sekadau dan masyarakat kabupaten Sekadau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan Gawai Dayak

"Saya mengapresiasi kepada sub suku Dayak Kerabat yang menjadi tuan rumah PGD XII kali ini, acaranya sungguh luar biasa,"kata Aron.

Aron juga minta supaya acara PGD ini bisa di tetapkan jadwal pelaksanaannya, supaya bisa masuk agenda rutin Pemkab Sekadau. 

"Saya minta PGD ini diagendakan jadwalnya dan dilaksanakan secara rutin, sehingga bisa menjadi agenda pemerintah daerah kabupaten Sekadau, sebagai bantuan pemkab Sekadau, pemkab sudah memberikan bantuan berupa dana Hibah,"ucapnya.


Hadir pada acara tersebut, ketua DPRD Radius Effendi, Kapolres Sekadau, Dandim 1204 Sanggau-Sekadau, kepala pengadilan Sanggau, Kajari Sekadau, Sekda Muhammad Isa, seluruh anggota DPRD, para kepala SKPD. Serta seluruh undangan lainnya dari berbagai sub suku dan masyarakat memadati Rumah Betang Youth Center. (Dibas)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad