Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

BalaiGawai Dayak TarankKalbarSanggau

Dio Radakng Diresmikan Bersamaan Pembukaan Gawai Dayak Tarank Ke -1

Sanggau,Kalbar- Kapuaspost.web.id - Bupati Sanggau Paolus Hadi didampingi Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot yang juga Ketua DAD Kabupaten Sanggau meresmikan rumah betang di kecamatan Balai Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat pada Kamis 25/5/2023.

Foto:Bupati Sanggau meresmikan Dio Radakng (Andi) 

Peresmian rumah betang ini dirangkai dengan pembukaan Gawai Dayak Tarank ke-1, Bupati Sanggau dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Kabupaten Sanggau kedepan akan memiliki  rumah Betang yang representatif dan di semua kecamatan ada rumah Betang. 


“Dari lima belas kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau sudah 10 kecamatan yang sudah berdiri, Mudah-mudahan di tahun depan rumah betang ini dapat di dirikan di lima belas kecamatan,” ujar Paolus Hadi 


"Saya melihat masyarakat begitu antusias dengan adanya Dio Radakng. Oleh karena itu, ayo  kita lestarikan kekayaan budaya Dayak Tarakng untuk Sanggau yang bebudaya dan bermartabat." Ajak Bupati pada masyarakat. 

“Dan pesan saya kepada DAD Kecamatan Balai untuk dapat menjaga dan memelihara Dio Radakng ini dan tadi saya sudah menyerahkan pengelolaannya supaya betul-betul dijaga. Jangan sampai Dio Radakng ini hanya digunakan satu tahun sekali dan tentunya berkaitan dengan kebudayaan bisa berkumpul atau dipusatkan disini, karena ini merupakan bagian penting dari partisipasi pemerintah untuk masyarakat adat Dayak di Kabupaten Sanggau,” pungkas Bupati Sanggau.


Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot selaku Ketua DAD Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa dirinya turut berbahagia dengan diresmikan Dio Radakng Kecamatan Balai kabupaten Sanggau


“Dio Radakng tentu sudah lama dimimpi-mimpikan oleh masyarakat dan akhirnya hari ini diresmikan Dio Radakng Kecamatan Balai. Oleh karena itu, saya berpesan sebagai orang Dayak harus mampu melestarikan apa yang menjadi budaya dan istiadat dari nenek moyang kita dulu,” pesan Ketua DAD Sanggau, Yohanes Ontot.


Sebagai Ketua DAD Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot katakan bahwa dengan diresmikannya Dio Radakng ini agar generasi muda kita dapat mengetahui apa yang menjadi budaya, adat dan istiadatnya.


“Dengan adanya, budaya, adat istiadat, para generasi muda kita tidak kehilangan kehilangan identitasnya sebagai orang Dayak. Karena bagaimanapun Dio Radakng ini sebagai simbol kebersamaan dan kekompakan bagi masyarakat adat Dayak,” tegas Wabup Sanggau, Yohanes Ontot. (Andi - Laiman)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad