Post Top Ad

tcJUWhf

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

DPMPemdesKalbarSanggau

Persoalan Kades Mayam, ini kata DPMPemdes

SANGGAU - Kapuaspost.web.id- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPemdes) Kabupaten Sanggau Alian meminta Pemerintah Desa dan BPD Desa Sei Mayam Kecamatan Meliau agar menyurati Camat Meliau terkait keabsahan pemberitaan di media online terkait kasus Kepala Desa Sei Mayam.

Foto; Alian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa 

"Saya minta segera surati Camat menyikapi infornasi media itu," ujar Alian, Rabu 25 Januari 2023.


Menurut Alian atas dasar surat itu, secara administerasi Camat Meliau dapat menindaklanjuti laporan tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau 

sekaligus meminta untuk dilakukan audit oleh Inspektorat Kabupaten Sanggau guna memastikan kerugian Desa yang diakibatkan oleh perbuatan Kades tersebut.


"Ini semuanya masih dugaan ya, prosedurnya harus dijalankan dulu dan dilakukan secara berjenjang," ungkapnya.

Alian juga menjelaskan, terkait permintaan pemberhentian Kades sebagaimana berita dimedia sebelumnya, pihaknya akan mempelajari terlebih dadulu pernyataan tertulis yang ditanda tangani Kades dan BPD pada rpat yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sei Mayam dengan BPD beberapa waktu lalu untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.


"Kami juga minta kepada Pemerintah Desa Sei Mayam dan BPD agar bisa menjelaskan duduk persoalan ini secara jelas kepada masyarakat Desa Sei Mayam sehingga tidak terjadi keresahan atau praduga lain yang dapat menimbulkan persoalan dimasyarakat," harapnya. 


Diberitakan sebelumnya bahwa Oknum Kepala Desa Sungai Mayam Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Paridi belum membayar gaji dan insentif perangkat desa dan BPD sejak Oktober 2022, bahkan oknum Kades tersebut diduga telah kabur tidak tahu ke mana rimbanya.

Tidak hanya dugaan membawa kabur gaji perangkat desa dan BPD, Kades Paridi juga dikabarkan membawa kabur uang Desa untuk berbagai keperluan lainnya sebesar Rp 200 juta lebih. (Ind-Laiman) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad