Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Touring Makin Aman Dengan Mengikuti Berbagai Aturan Berikut

PONTIANAK - Berkendara bersama dengan saudara maupun teman di kampung halaman menjadi pilihan menarik menjelang akhir tahun. Selain meningkatkan rasa kebersamaan, aktifitas ini menambah keseruan saat menikmati keindahan berbagai kontur alam di Indonesia.
 
 

Untuk menjaga keselamatan dan keseruan berkendara berkelompok, tentu saja diperlukan persiapan yang baik dan tetap menjaga etika berkendara.

“Setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama. Oleh karena itu, penting untuk memahami aturan serta etika ketika berkendara dalam kelompok. Kegiatan berkendara dapat lebih aman, selamat sampai tujuan, dan tetap menjaga ketertiban di sepanjang perjalanan,” ujar Johannes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM).

Berikut tips berkendara kelompok yang aman dan nyaman bagi pecinta sepeda motor yang terbagi menjadi 3 tahap pengecekan.

Sebelum Perjalanan

Sebelum berkendara kelompok ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dibahas bersama sesama peserta agar perjalanan dapat tetap selamat dan menyenangkan, di antaranya adalah:

1.Susun rencana perjalanan dengan baik. Rencana perjalanan dapat meliputi detail seperti jam keberangkatan, titik istirahat, lokasi pengisian bahan bakar, tempat makan, dan destinasi pemberhentian yang ingin dituju.
2.Tentukan pembagian tugas antar anggota kelompok, seperti siapa yang akan menjadi memimpin rombongan, sweeper, penyedia konsumsi, serta akomodasi.
Pembagian tugas pada rombongan akan membuat proses koordinasi berkendara menjadi efektif dan jelas.
3.Pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan prima dengan melakukan servis kendaraan setiap anggota setidaknya satu hari sebelum perjalanan dilaksanakan.
4.Lakukan briefing bersama rombongan terkait apa saja yang perlu disiapkan dan dilakukan seperti menjaga daya tahan tubuh dengan beristirahat cukup, surat dan dokumen yang perlu dibawa selama perjalanan, peraturan selama berkendara.
Serta kebutuhan pribadi lain seperti gadget dan perlengkapannya serta obat-obatan pribadi.

Saat Perjalanan

Ketika sedang dalam perjalanan, setiap anggota harus mematuhi kesepakatan tim yang telah ditentukan, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
1.Selalu mengikuti arahan pimpinan rombongan serta sweeper saat berkendara.
2.Tidak melakukan aktivitas berbahaya atau berkendara dengan arogan.
Setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama, baik saat berkendara dalam kelompok maupun individu.
3.Tidak melakukan aktivitas yang melanggar peraturan lalu lintas atau mengganggu hak pengguna jalan lain, seperti menutup jalan untuk kelompok kendaraan dapat melintas dengan lancar.
4.Tidak menggunakan alat komunikasi elektronik untuk mengobrol yang dapat menurunkan konsentrasi ketika berkendara.
Gunakan komunikasi sesuai kebutuhan atau pada situasi darurat.
5.Lakukan istirahat setiap 2 jam, jaga cairan tubuh untuk menjaga konsentrasi serta dan selalu utamakan #Cari_aman

Setelah Perjalanan

Setelah selesai berkendara secara berkelompok dan mencapai lokasi yang dituju, setiap anggota tim dapat melakukan pemeriksaan fisik baik dirinya sendiri maupun kondisi peserta lainnya.

Selain itu lakukan juga pemeriksaan kendaraan untuk memastikan kondisi masih tetap prima untuk digunakan kembali.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad