Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Musim Hujan Kita Wajib Berkendara Dengan Aman Saat Menggunakan Sepeda Motor Honda

PONTIANAK - Sebagai pengendara motor, BroSis harus punya persiapan lebih mengingat motor berbeda dengan mobil dan kondisi hujan menjadi tantangan sendiri untuk dilewati.



Selain membawa perlengkapan anti air, BroSis juga harus menerapkan kebiasaan dan cara mengemudi yang baik. Berikut 5 tips aman naik motor saat hujan yang bisa BroSis ikuti:

Pertama adalah siapkan perlengkapan tahan air. Membawa jas hujan bisa jadi solusi ketika BroSis terpaksa harus menerjang hujan karena kebutuhan mobilisasi.

Gunakan jas hujan yang sesuai dan nyaman untuk dipakai serta perlengkapan seperti sarung tangan dan sepatu boots anti air jika memungkinkan. Hindari model ponco yang dapat membahayakan pengemudi di jalan.

Jika BroSis berencana berkendara di saat cuaca tidak menentu, pastikan juga agar mengenakan pakaian yang tebal atau berlapis agar melindungi tubuh dari dingin dan lembab.

Kedua yaitu nyalakan lampu depan. Pastikan agar lampu depan menyala ketika menerjang hujan agar BroSis bisa melihat kondisi jalan dengan baik dan dapat dilihat oleh pengendara lainnya dengan mudah.

Ketiga adalah berkendara dengan aman. Pastikan agar mengendarai dengan kecepatan rendah dan tidak mengerem mendadak agar ban tidak selip dan tidak membahayakan pengendara lainnya. BroSis juga harus menjaga jarak kendaraan agar terhindar dari pengereman mendadak.

Keempat yaitu berteduh jika keadaan di jalan memburuk. Jika dirasa hujan terlalu deras dan jarak pandang menjadi sangat terbatas, ada baiknya BroSis menepi dan mencari tempat berteduh.

Selain dapat menjaga tubuh dari guyuran hujan, BroSis juga bisa beristirahat sejenak. Tunggu hingga hujan mereda, baru BroSis bisa lanjutkan perjalanan.

Kelima tingkatkan kewaspadaan saat berkendara, yaitu berkendara saat hujan artinya BroSis harus semakin meningkatkan kewaspadaan karena kondisi di jalan semakin sulit untuk diprediksi.

Bisa saja jalanan jadi lebih licin, jarak pandang terbatas, atau jalan berlubang tertutup genangan air yang bisa sangat berbahaya jika tidak dihindari.

Maka berhati-hatilah saat berkendara, pastikan juga agar selalu mengikuti marka jalan yang ada.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad