Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOlahraga

Mario Aji Catatkan Sejarah Istimewa Di Moto3

PONTIANAK - Mario Suryo Aji, pembalap binaan Astra Honda Motor (AHM) kembali mencetak sejarah.Kali dengan merajai sesi tes bebas di ajang Grand Prix usai FP2 Moto3 Portugal, Jumat (22/4) petang WIB.



Aji melakoni sesi tes bebas yang mengesankan dalam kondisi lintasan basah. Ia mengukir catatan waktu tercepat dua menit 2,491 detik untuk menjadi yang terbaik.

Hasil itu membuat Aji menjadi pembalap pertama yang bisa mengukir waktu tercepat dalam tes bebas di ajang grand Grand Prix. Hasil itu juga menjadi modal bagus buatnya mengarungi persaingan di Moto3 Portugal.

Aji sendiri terus berada di posisi teratas memasuki 15 menit terakhir FP2. Posisinya tidak tergoyahkan oleh pembalap-pembalap lain.

Di belakang Mario Aji terdapat pembalap MT Helmets Diogo Moreira. Sedangkan posisi ketiga dihuni Riccardo Rossi dari tim Sic58 Squadra Corse.

Sebelum ini, Aji juga sudah lebih dulu mencetak sejarah saat gelaran perdana Moto3 Mandalika, Maret lalu.

Pembalap berusia 18 itu bisa finis di posisi ke-14 saat berlangsungnya race MotoGP Mandalika.

Torehan itu juga membuat ia menjadi pembalap pertama yang mampu finis di posisi ke-14 pada ajang Grand Prix. Aji sendiri memulai start dari posisi ketiga di Sirkuit Mandalika.

Saat sesi FP2 Moto3 Portugal menyisakan delapan menit lagi bendera merah atau red flag sempat dikeluarkan karena terdapat satu material promosi yang masuk ke lintasan akibat angin kencang.

Sesi FP2 Moto3 Portugal memang digelar dengan cuaca mendung dan angin kencang setelah sebelumnya sempat diguyur hujan.

Namun setelah dihentikan selama hampir dua menit sesi FP2 Moto3 Portugal kembali dilanjutkan. Hanya saja di lima menit terakhir hujan dengan intensitas ringan hingga sedang turun.

Hingga balapan berakhir Mario Aji tetap berada di posisi terdepan diikuti Diogo Moreira dan Riccardo Rossi.

Pada sesi FP1 Moto3 Portugal Mario Aji hanya mampu menempati posisi ke-14. Meski demikian dengan keberhasilan finis di posisi terdepan di FP2 dan ke-14 pada FP1 membuat Mario Aji berhak lolos langsung ke Kualifikasi 2 (Q2) untuk memperebutkan 12 grid terdepan.

Sebelumnya, Pembalap Honda Team Asia ini mengaku semakin percaya diri setelah menjalani Moto3 Amerika, Minggu (10/4), meski dirinya di posisi ke-21.

Mengawali balapan dari grid ke-29, pembalap asal Magetan, Jawa Timur itu berhasil menyelesaikan balapan di urutan ke-21. Ia finis di urutan tiga paling belakang.

"Itu adalah balapan yang sulit, tapi saya mengambil aspek positif hari ini. Ini adalah perasaan terbaik saya dari setiap akhir pekan, dengan kepercayaan diri yang lebih tinggi terhadap sepeda motor saya," kata Mario Aji dikutip laman resmi tim.

Pembalap berusia 18 tahun itu mengaku sempat hilang kecepatan di trek lurus. Selain itu, start di posisi belakang membuatnya lebih sulit menjalani balapan.

"Saya merasa baik-baik saja dengan sepeda motor ini meskipun banyak kehilangan akselerasi di trek lurus. Saya harus bekerja keras di titik pengereman," ujar dia.

"Memang memalukan karena kami tidak beruntung di kualifikasi, sehingga kami mulai balapan dari belakang dan balapan menjadi berat," ucapnya.

Saat ini, Mario Aji menduduki peringkat ke-23 di klasemen sementara pembalap Moto3 dengan torehan dua poin. MotoGP Mandalika adalah satu-satunya tempat Mario Aji mampu meraih poin.

"Saya sekarang menatap seri balapan selanjutnya di Portimao dan Jerez. Saya yakin bisa mendapat hasil yang kami dapatkan di Austin," katanya.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad