Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Yuk Kenal Lebih Dekat Dengan All New Honda Vario 160

PONTIANAK - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi memasarkan Honda Vario 160. Motor ini jadi amunisi baru perdana Honda di awal tahun 2022.



Sudah 16 tahun memikat masyarakat Indonesia, Honda Vario terakhir kali disegarkan pada tahun 2018. Honda sendiri menyebut "All New" pada Vario 160 ini.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan, Vario 160 ini merupakan hasil survei masyarakat Indonesia yang ingin menggunakan motor matik 150 cc dengan sensasi matik besar.

"Memang dari hasil survei kami Vario 125 dan 150 berbeda. Kami melihat 150 atau 160 ini lebih ke arah skuter premium sporty," katanya.

Sedangkan di 125 ini memang segmennya sporty yang penggunaannya lebih kepada daily use. Sehingga dari hasil survei Vario 160 ingin tampil atau sensasi mengendarainya seperti big scooter atau matic besar.

Ini keunggulan dari Honda Vario 160.

Desain ala skutik besar

Kendati memiliki tampang baru, Honda Vario 160 masih mengusung DNA lama dari Vario generasi sebelumnya, yakni sporty. Revisi terjadi pada bagian Daytimer Running Light (DRL) yang kini terbagi dua atau tertutup sebagian oleh body depan motor.

Sementara desain lampu LED pada bagian depan yang sebelumnya lebar seolah makin menyempit dengan double housing.

Bagian jok pada motor didesain agar lebih nyaman saat berboncengan. Secara umum bentuk tumpangan dari Vario 160 masih mirip dari Vario 150.

Fitur-fitur unggulan

Sebagai skutik yang mendukung mobilitas, All New Vario sudah dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang untuk membawa barang-barang.

Pada kompartemen depan sebelah kiri kini terdapat konsol yang memiliki tutup, di dalamnya bahkan sudah tersemat USB charger type A sehingga tak perlu lagi adaptor tambahan. Sedangkan akomodasi pada kompartemen sebelah kanan bisa menampung botol ukuran 600 mili.

Honda Vario 160 memiliki akomodasi kapasitas bagasi 18 liter, sama dengan versi sebelumnya, namun masih bisa menyimpan helm standar.

Model ini juga dilengkapi full digital panel meter dengan negative display berlatar warna biru tua. Informasi yang disajikan lengkap antara lain indikator kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, indikator Smart Key, jam digital, fuel consumption, indikator tegangan baterai, indikator penggantian oli, trip meter, indikator ISS, dan indikator ABS pada tipe ABS.

Dimensi Honda Vario 160 punya ukuran berbeda dari versi pendahulu

Bicara dimensi Honda Vario 160 berbeda jauh dari versi pendahulunya. All New Vario 160 lebih bongsor dari Honda Vario 150.

Untuk Honda Vario 150 sebelumnya punya panjang 1919 mm, kini lebih panjang menjadi 1929 mm.

Untuk lebar dan tinggi kini menjadi, yakni 679 mm (+9 mm) x 1.088 mm (+12mm). Selain itu bobot Vario 160 juga bertambah dari generasi sebelumnya. Untuk versi CBS menjadi 115 kg naik 3 kg, dan varian ABS saat ini menjadi 117 kg.

Kaki-kaki dan pengereman

Untuk All New Vario 160 CBS punya pengereman yang kurang lebih sama dengan Honda Vario 150. Pengereman depan cakram dan belakang masih tromol. Tapi untuk tipe ABS dua-duanya sudah menggunakan pengereman depan cakram.

Untuk suspensi, Vario 160 masih monoshock atau suspensi tunggal. Beda dengan All New Aerox 155 Connected ABS, sudah menggunakan sokbreker belakang ganda yang dilengkapi dengan tabung.

Kalau dari segi tampilan, Vario 160 memang nampak lebih berisi dari generasi sebelumnya. Ya, perbedaan paling santer ialah karena penggunaan kaki-kaki dengan tapak lebih lebar, Vario 15 menggunakan ban berukuran 90/80-14 untuk depan dan 100/80-14 untuk belakang.

Nah, untuk varian terbaru naik satu tingkat, ukuran ban depan kini menjadi 100/80 - 14 dan belakang 120/70 - 14. Sementara desain velg-nya juga berbeda, kini lebih mirip dengan kepunyaan PCX 160. Khusus pada varian ABS ditambah kombinasi velg berwarna burnt titanium.

Mesin baru

Berbagi platform mesin yang sama dengan PCX 160, Vario terbaru kini berkapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm @7000 rpm.

Bandingkan dengan versi terdahulunya, Vario 150 dicangkok mesin 150 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 9,7 kW di 8.500 rpm, dan torsi maksimal 13,4 Nm pada 5.000 rpm.


Varian dan harga

Honda Vario 160 dipasarkan dengan 2 tipe yaitu CBS dan ABS. Untuk tipe CBS terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red.

Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White. Tipe ABS memiliki velg dengan warna burnt titanium serta sentuhan emblem Vario yang semakin memberikan kesan lebih premium.

Astra Honda Motor memasarkan Honda Vario 160 dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 25.800.000,-untuk tipe CBS dan Rp 28.500.000,- untuk tipe ABS.



Resmi Launching di Kalimantan Barat

Astra Motor Kalimantan Barat, sebagai Main Dealer sepeda motor Honda di wilayah Kalbar resmi memperkenalkan produk baru buatan PT Astra Honda Motor (AHM) secara virtual melalui akun instagram @honda_kalbar, Sabtu, 26 Februari 2022.

Motor tersebut yakni All New Honda Vario160 dengan mengusung konsep “Bigger, Greater & Prouder.

Selain memperkenalkan Honda Vario160 ini, banyak juga hiburan, informasi serta hadiah menarik untuk penonton yang beruntung dalam launching tersebut.

Hiburan yang ditawarkan juga tidak kalah menarik yaitu dengan menampilkan band lokal asal pontianak, yakni Crazy Daddy yang menambah semangat para penonton selama live berlangung.

Selain itu Astra Motor juga memberikan hadiah berupa jam tangan Miband6 dan voucher gopay senilai Rp.300.000 untuk para penonton yang beruntung dengan menjawab kuis yang diberikan.

Tak lupa pula, Astra Motor Kalimantan Barat juga sudah memperkenalkan All New Honda Vario160 ini kepada rekan media dan blogger melalui Press Conference yang meliputi sesi pembacaan materi dan setelah itu diakhiri dengan sesi tanya jawab, diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Februari 2022 via zoom meetings.

Perubahan terbaru pada All New Honda Vario160 ini terlihat pada desain body yang lebih besar. Hal ini dicapai melalui berbagai ubahan desain di bagian depan dan lampunya dimana reflektor lampu dan fairing sampingnya makin lebar, dan garis desainnya semakin tegas.


Performa Mesin Baru

Tak hanya memiliki desain yang memikat pecinta motor skutik premium sporty, performa tinggi dan beragam teknologi fitur canggih yang disematkan menjadi penyempurna All New Honda Vario 160.

Mengusung mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm @7000 rpm.

Sensasi bertenaga yang dihadirkan skutik premium sporti ini pun semakin mewujudkan kebanggaan dan kesenangan berkendara.

Dalam memberikan kenyamanan dan mendukung performa tinggi, All New Honda Vario 160 hadir dengan pengaplikasian teknologi frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) membuat skutik premium sporti ini semakin lincah dan mudah dikendarai. Model ini mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 46,9 km/liter.

Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system dengan metode pengetesan WMTC (World-wide Motorcycle Test Cycle) EURO 3.

All New Honda Vario 160 dipasarkan dengan 2 tipe yaitu CBS dan ABS. Untuk tipe CBS terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red dengan harga Rp26.950.000 (OTR Pontianak). Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White dengan harga Rp29.650.000 (OTR Pontianak).

Kepala Wilayah Astra Motor Kalimantan Barat, Lukas Ferinata mengatakan bahwa, sebelum kita memperkenalkan All New Honda Vario160 ini kepada masyarakat melalui Virtual Launching nanti.

“Kita terlebih dahulu memperkenalkannya kepada rekan media dan blogger. Semoga All New Honda Bario160ini dapat diterima oleh masyarakat Kalbar khususnya para pecinta motor matik premium,” ungkap Lukas. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad