Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Vario 160 Skutik Premium Bongsor Paling Canggih

PONTIANAK - PT Astra Honda Motor (AHM), kembali menyegarkan secara penuh Skuter Matik Vario. Mulai dari desain, rangka, penambahan fitur, sampai sektor mesin yang diklaim perusahaan lebih bertenaga.


Motor ini resmi dirilis dengan harga Rp25,8 juta dan Rp28,5 juta. Menurut Presiden Direktur PT AHM, Keiichi Yasuda, memaparkan perusahaan telah membuat Vario tampil beda dengan berbagai penyempurnaan.

Ia pun yakin penggemar skutik akan menyukai ragam ubahan pada Vario. "Kami yakini akan memberikan pengalaman berkendara sehari-hari yang lebih menyenangkan," kata Yasuda.

Tampilan skutik yang kini memiliki nama jual Vario 160 ini terlihat berbeda. Bagian depan motor terlihat lebih gemuk dan dipadukan dengan bodi besar. Sekilas, desain Vario 160 mirip seperti Yamaha Aerox.

Ukuran motor ini panjangnya 1.929 mm, lebar 679 mm, tinggi 1.088 mm, dan jarak rendah ke tanah 140mm.

Untuk berat kosong, bobot motor ini bakal versi CBS 115kg dan ABS 117kg, serta kapasitas tanki 5,5 liter.

Kemudian pada sisi rangka ada perubahan. Kini Honda mengaplikasikan teknologi frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Rangka ini diklaim membuat skutik semakin lincah dan mudah dikendarai.

Sebelumnya rangka eSAF telah duluan diaplikasikan pada skutik 110cc Honda, yaitu Beat dan Genio.

Skutik ini juga kini didukung ukuran ban tubeless lebih lebar, depan100/80-14dan belakang120/70-14dan ditambah kombinasi pelek berwarna burnt titanium pada tipe ABS.

Skutik Sporti ini dilengkapi dengan fitur keselamatan dan keamanan seperti Honda Smart Key System yang dilengkapi alarm dan answer back system.

Pada tipe ABS sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti Antilock-Braking System (ABS) dan rem posisi belakang sudah dilengkapi rear disc brake.

Model ini juga telah didukung dengan USB charger type A, di mana sudah tersedia socket untuk melakukan pengisian daya tanpa perlu menggunakan tambahan adapter.

Motor juga didukung lampu LED pada semua sistem tata cahaya, dan full digital panel meter dengan informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, indikator Smart Key, jam digital, fuel consumption, indikator tegangan baterai, indikator penggantian oli, trip meter, indikator ISS, dan indikator ABS pada tipe ABS. Kemudian kapasitas bagasi Vario 160 sebesar 18 liter.

Vario 160 kini dibekali mesin 156,9 cc, 4 katup eSP+, berpendingin cairan. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,3 hp pada 8500 rpm dengan torsi 13,8 Nm pada 7000 rpm. Klaim perusahaan konsumsi bahan bakar motor tersebut 46,9 km per liter.

Mesin dan teknologinya ini mirip dengan yang digunakan PCX 160, namun tenaga pada PCX terlihat lebih kecil. Mesin PCX 160 diketahui dapat melepas tenaga 15,8 hp pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 nm pada 6.500 rpm.

All New Honda Vario 160 ini dipasarkan dengan 2 tipe yaitu CBS dan ABS. Untuk tipe CBS terdapat berbagai warna dengan harga Rp25,8 juta dan ABS Rp28,5 juta. Harga tersebut sudah berstatus on the road Jakarta. Harga ini cukup bersaing dengan skuter matik kompetitor dari Yamaha yaitu Aerox yang dipasarkan mulai Rp24,7 juta.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad