Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Warna Baru Honda Supra X Semakin Istimewa

PONTIANAK - Siapa tak kenal dengan Honda Supra X, motor legendaris dari Honda yang setia menemani generasi ke generasi. Cocok untuk jalan perkotaan ataupun pedesaan.



Bahkan, buat usaha dan juga keperluan sehari-hari, karena memang Honda Supra X dikenal karena kualitasnya.

Nama Supra begitu melegenda sebagai sebuah sepeda motor. Di Indonesia kelahirannya dimulai sejak 1997 lalu. Kemudian motor bebek ini terus berevolusi, dan salah satunya menghasilkan Honda Supra X 125 yang dipasarkan sekarang.

Tentu sudah banyak perbedaan dibandingkan dengan generasi pertamanya. Salah satu yang paling terlihat adalah sistem penyemprotan bahan bakarnya sudah menggunakan injeksi. Serta kapasitas mesinnya ditingkatkan menjadi 124,8 cc.

Awal tahun ini PT Astra Honda Motor (AHM) selaku pemegang merek Honda di Tanah Air, melakukan penyegaran padanya. Salah satunya lewat hadirnya pilihan warna baru yaitu Quantum Matte Black dan Energetic Red.

Stripingnya juga dikurangi, agar aura elegan lebih hadir. Motor ini juga telah dilengkapi fitur lampu rem belakang LED.

Honda Supra X 125 dibekali mesin satu silinder SOHC 4-langkah. Mampu menghasilkan torsi puncak 9,3 Nm pada 4.000 rpm, dan 9,96 hp pada 8.000 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi 4-percepatan.

Harga motor bebek ini adalah Rp 16,825 juta untuk varian spoke wheel (velg jari-jari), dan Rp 17,875 juta untuk varian Cast Wheel.

Menurut data AHM, Honda Supra merupakan motor segmen bebek dengan anggota komunitas terbanyak. Berjumlah 1.600 orang, dari 110 komunitas yang telah didirikan sejak 2015.

Sementara untuk penjualan, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatatkan penjualan 184.302 unit pada 2016. Kontribusinya bahkan mencapai 31% dari total penjualan motor tipe bebek di Tanah Air.

“Honda Supra sebagai sebuah merek premium di segmen bebek tetap menjadi pilihan pecinta motor karena sesuai dengan kebutuhan konsumen yang menginginkan motor yang tangguh, kaya dengan fitur fungsional untuk menunjang aktivitas sehari-hari, serta memiliki tampilan mewah,” seperti diungkapkan oleh Direktur Pemasaran AHM, Margono Tanuwijaya.

Honda Supra X 125 bukan hanya diminati oleh konsumen Indonesia, melainkan luar negeri. Motor bebek ini memiliki permintaan ekspor sepanjang tahun lalu. Totalnya mencapai 174 unit untuk varian spoke wheel dan 325 unit untuk varian cast wheel.

Fitur Honda Supra X 125 FI

Salah satu fitur menarik dari Honda Supra X 125 adalah power charger. Tentunya sangat memudahkan apabila pengendara ingin mengisi ulang baterai telepon pintar, saat perjalanan.

Ada pula fitur kunci kontak bermagnet dengan penutup otomatis (auto secure key shutter). Berfungsi meningkatkan keamanan sepeda motor dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Fitur lain yang terlihat sepele tapi berguna adalah foldable hook. Terutama saat pengendara harus membawa banyak barang bawaan, seperti kantong belanjaan.

Fitur ini mampu membebaskan tangan Anda dari tugas lain, selain berkendara. Sehingga pengendara bisa lebih fokus pada jalan. Menariknya lagi, motor ini telah dibekali lampu belakang LED. Hanya saja fitur ini belum ada di lampu depannya.

Instrument clusternya cukup informatif. Terdapat speedometer, odometer, malfunction indicator lamp, dan konsumsi bahan bakar. Sayangnya, tampilannya belum sepenuhnya digital. Terutama untuk speedometer, sehingga terlihat kurang modern.

Desain Supra X 125 FI

Secara tampilan, Honda Supra X 125 sangatlah agresif. Lihat saja bodinya yang berlekuk-lekuk tajam.

Baik dari parasnya, hingga bagian belakangnya. Penampilannya itu juga ditunjang dengan dual keen winker dan position light. Sehingga dari depan terlihat lebih modern. Sementara di belakang disematkan lampu LED dengan tampilan tajam.

Balutan warna bodinya tidak bisa disepelekan. Motor bebek ini telah menerapkan warna-warna yang kekinian.

Sebut saja Quantum Matte Black dan Energetic Red. Terutama untuk Quantum Matte Black, warna tesebut sama seperti yang digunakan oleh Honda CBR250RR. Efeknya adalah sosok Honda Supra X 125 lebih kental aura sportifnya.

Bagian kaki-kakinya juga tidak kalah menarik. Terdapat velg berdesain 5-spoke berwarna hitam. Sayangnya tidak semua varian motor bebek ini mendapatkannya.

Jika memilih velg ini, konsekuensinya harga yang lebih mahal. Sementara ada pilihan lain dengan velg jari-jari, dengan harga lebih murah.

Mesin & Konsumsi BBM Honda Supra X 125 FI

Honda Supra X 125 dibekali mesin berkapasitas 124,89 cc. Mesin satu silinder ini dibekali teknologi SOHC 4-langkah dengan pendingin udara. Memiliki diameter silinder 52,4 x 57,9 mm dengan rasio komresi 9,3:1.

Mampu memuntahkan torsi puncak 9,3 Nm pada 4.000 rpm, dan 9,96 hp pada 8.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi empat perepatan.

Dalam hal performa, sulit memang membandingkannya dengan motor lain. Pasalnya bebek keluaran Honda ini tidak memiliki kompetitor dari brand lain di Tanah Air. Bisa dikatakan saat ini Honda Supra X 125 adalah rajanya bebek di Indonesia.

Sementara untuk catatan keiritannya, AHM mengkalim mesin motor bebek ini sanggup mencapai efisiensi sangat baik dalam pemakaian bahan bakar. Dengan bantuan sistem penyemprotan bahan bakar injeksi (PGM FI), catatannya mencapai 57,2 kpl dengan metode pengetesan Euro 3.

Bahkan catatannya menjadi lebih baik lagi yaitu 61,8 kpl, dengan metode pengetesan Euro 2. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad