Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Pembalap ART Punya Senjata Baru Untuk Balapan Musim 2022

PONTIANAK - Pembalap Astra Motor Racing Team (ART) Kalimantan, dipastikan akan menggunakan Honda Supra GTR150R untuk balapan musim 2022.



Hal ini tampak pada sesi latihan Azi Firdaus, yang pembalap rookie ART Kalimantan yang mulai mencoba motor barunya.

Tahun sebelumnya, para pembalap ART Kalimantan memang menggunakan Honda Sonic untuk menjadi juara region dan kali ini mereka mencoba adaptasi dengan Honda Supra GTR 150R untuk persiapan musim depan.

Honda Supra GTR 150 punya mesin yang identik dengan motor sport 150 cc Honda seperti CBR150R dan CB150R Streetfire.

Mesin ini spesifikasinya 150 cc DOHC 4 katup pendingin cairan, dengan diameter piston 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm.

Tenaganya mencapai 16,1 dk/9.000 rpm dan torsi puncak sampai 14,2 Nm/6.500 rpm. Lebih dari cukup buat aktifitas harian.

Maka ketika mesin itu dipasangkan pada motor bebek Honda Supra GTR 150 yang punya bobot lebih ringan, otomatis jadi terasa lebih galak tarikannya.

Tarikan bawah sampai tengahnya enteng banget, tenaga dan torsinya berlimpah. Tapi putaran atasnya cenderung biasa dan mulai terasa getar.

Dengan karakter seperti ini, asyik banget buat stop & go di jalanan yang macet dan padat, enggak perlu buka gas besar-besar.

Cuma kadang terasa ndut-ndutan kalau pakai gigi 1 untuk macet-macetan. Motor seperti ngajak berakselerasi, padahal sudah buka gas sehalus mungkin.

Makanya merasakan performa mesinnya paling enak saat cruising santai 70-80 km/jam, rpm main direntang 7.000-8.000 rpm, mesin jadi halus.

Hal itu juga enggak lepas dari transmisi manual 6 speed yang dipakai, gigi 6 bikin putaran mesin rendah untuk dapatkan konsumsi BBM yang irit.

Diukur dengan metode full to full dan pakai BBM oktan 92, angka 42,2 km/liter bisa didapat dengan karakter rider yang gemas memelintir gas.

Sebelumnya, beberapa bulan lalu ada modifikasi Honda Winner X 150 alias Supra GTR 150 dengan konsep Repsol Honda MotoGP.

Namun, modifikasi itu baru sebatas bodi saja dengan pemakaian decal oleh AK Decal.

Nah, kalau yang berikut ini tak cuma tampilannya saja berubah. Tapi juga sudah mengaplikasi beberapa part upgrade dengan part premium.

Soal bodinya masih agak mirip dengan yang dulu dengan dominasi warna oranye, hitam dan putih.

Lalu ada tulisan 'Repsol' menempel di area sayap samping dengan ukuran yang cukup besar.

Kemudian pelek multipalang juga tak lupa dilabur warna oranye agar senada dengan warna bodi.

Di sektor kaki-kaki inilah yang banyak mendapat upgrade, seperti pemakaian kaliper Brembo Moto3 dua piston dan cakram floating Brembo Racing Super Sport.

Untuk rem belakang masih menggunakan produk Brembo juga namun dengan model yang berbeda.

Suspensi belakang pun enggak luput, monoshock bawaannya kini digantikan produk Nitron dengan subtank terpisah.

Tak berhenti di situ saja, di sektor kemudi ternyata juga ada sedikit modifikasi.

Ada master rem depan dan tuas kopling Brembo serta gas spontan Domino yang tentunya enggak murah harganya.

Hasilnya, tampang Honda Winner X 150 ini tak cuma sporty tapi juga punya performa garang. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad