Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOlahraga

Setelah ATC, Pembalap AHRT Targetkan Masuk Ke Arena MotoGP

PONTIANAK - Akhir pekan ini, Sirkuit Mandalika secara perdana akan menggelar putaran Inndonesia Asia Talent Cup (IATC) 2021, yang berlangsung pada 12-14 November.



ATC sendiri adalah kompetisi balap motor yang diperuntukan bagi pembalap muda di kawasan Asia dan Oseania. Diselenggarakan oleh Dorna Sports, promotor yang juga menjalankan kejuaraan dunia MotoGP dan World Superbike (WSBK).

ATC memberikan kesempatan bagi pembalap muda paling berbakat untuk membuat langkah pertama mereka dalam program Road to MotoGP.

Selain mengembangkan talenta, dukungan yang diberikan juga mencakup perlindungan asuransi, tiket penerbangan, dan pengaturan perjalanan untuk setiap putaran, sehingga para rider dapat fokus pada potensi mereka.

Untuk bisa mengikuti ATC, calon peserta harus melalui serangkaian seleksi. Pendaftaran dibuka melalui laman resmi asiatalentcup.com, dan melakukan registrasi secara daring.

Setelah calon pembalap mendaftar, aplikasi mereka akan dipertimbangkan dan mereka dapat diundang ke Selection Event. Di sini, calon pembalap akan melewati beberapa tahapan pengujian dan yang terbaik akan berkesempatan untuk bergabung dengan Asia Talent Cup.

Seperti diketahui, para pembalap di ATC akan memakai motor yang sama, yakni Honda NSF250R Moto3. Motor yang digunakan tersebut memiliki spesifikasi identik dengan yang diturunkan pada ajang Moto3.

ATC sendiri difokuskan pada pencarian bakat dan potensi, bukan pengalaman. Sehingga mengenai persyaratan, pada umumnya tidak ada tingkat pengalaman minimum yang diperlukan untuk calon pembalap.

Tetapi tingkat keahlian tertentu harus ditunjukkan. Pengalaman sebelumnya dapat mencakup balap dirt-track, motocross, balap skuter, atau mini-moto.

ATC pertama kali mulai diselenggarakan pada 2014, dengan juara pada edisi pertama adalah Kaito Toba. Usai pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pembatalan musim 2020, ajang ini bergulir lagi pada 2021.

Dalam seluruh entri terdapat pembalap permanen dan cadangan, ATC 2021 diikuti rider dari delapan negara, yakni Australia, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Qatar, Thailand, dan Turki.

ATC telah terbukti menjadi salah satu jalur terbaik dalam Road to MotoGP. Kaito Toba dan Ayumu Sasaki (juara ATC 2015), saat ini berkompetisi di Moto3 2021.

Tak ketinggalan, rider yang ikut berkompetisi di ATC 2016, di antaranya Andi Farid Izdihar (Andi Gilang), Ryusei Yamanaka, Yuki Kunii, serta Deniz Oncu (juara ATC 2017), turun di Moto3 2021.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad