Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

PCX160 Hadir Dengan Fitur Canggih dan Modern Bikin Kagum

PONTIANAK - Riding di jalan ibarat kehidupan. Tapi jangan khawatir, semuanya bisa tetap aman dan nyaman saat menggunakan All Honda #PCX160, yang dilengkapi fitur canggih Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan berfungsi mencegah ban slip saat di jalanan licin.



Salah satu fitur baru yang ada di All New Honda PCX 160 khususnya tipe ABS dan e:HEV adalah HSTC.

HSTC kepanjangan dari Honda Selectable Torque Control, atau sistem pengendali torsi mesin untuk menjaga laju motor tetap stabil.

Kalau bahasa mudah dan umumnya dari HSTC adalah Traction Control System (TCS), fitur yang menjaga atau mencegah roda belakang slip saat buka gas secara mendadak di jalan licin.

Bagaimana cara kerjanya? “ECM akan mengontrol volume bahan bakar untuk menjaga agar kecepatan putar roda belakang tetap sama dengan roda depan,” terang Ade Muhajir, Technical Service Division PT Astra Honda Motor.

Jika diurut secara detail, sistem kerja HSTC ini diawali sejak mesin dinyalakan, maka kedua wheel speed sensor mendeteksi kecepatan kedua roda.

Lalu saat ECM mendeteksi kecepatan kedua roda berbeda, putaran roda belakang lebih cepat, maka ECM akan mentriger untuk memulai kinerja traction control.

Saat itu juga ECM akan menghitung target torsi yang sesuai, kemudian dijabarkan dengan mengurangi volume injeksi bahan bakar sesuai target torsi.

Maka hasilnya saat HSTC bekerja mengurangi torsi mesin akan terasa brebet dan lampu HSTC di panel spidometer berkedip.

HSTC ini bisa dinyalakan atau dimatikan. Ketika aktif maka lambang HSTC yang berupa huruf T dengan anak panah melingkari muncul.

HSTC dimatikan pun lambang tersebut muncul, tapi bedanya yang dikasih coret menandakan fitur ini non-aktif.

Untuk mengaturnya di spidometer, pilih menu HSTC dengan menekan tombol SEL, setelah ketemu lanjut tekan tombol SET sampai HSTC berubah antara aktif atau non-aktif. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad