Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

KalbarSekitar Kita

Koramil Laksanakan Rapat Koordinasi Pembentukan Satgas Posko PPKM Mikro Tingkat Desa Guna Menekan Penyebaran Covid-19

SAMBAS - Anggota Koramil 1208-02/Sejangkung telah melaksanakan "Rapat Koordinasi Tim Satgas Covid 19 Kecamatan" yg bertempat di Gedung UDKP Kantor Camat Sejangkung di RT 015 RW/008 Dsn Sembuai, Desa Parit Raja, Kec. Sejangkung Kab. Sambas, Jumat (04-6-21). 
 


Posko merupakan sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif (menyesuaikan diri dengan keadaan).

Camat Sejangkung Drs. Suhaimi dalam arahannya menjelaskan, posko penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan atau Desa bahkan Rt memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung, ujar Camat.

Lanjut Camat menambahkan "Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas, dan juga Aspek penangana serta mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat Bantuan Langsung Tunai (BLT) kelurahan atau Desa tambahnya.

Danramil 1208-02/Sejangkung Kapten Inf Aris Yudi Yana yang melalui Babinsa Serda Miswal menerangkan “Pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi kemudian, bagian pendukung yang terdiri dari pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik, ucapnya.

Pembentukan posko tersebut dipimpin oleh kepala Desa di mana salah satu tugasnya adalah menilai status zona wilayahnya.

Babinsa, sebagai aparat kewilayahan membantu aparatur kelurahan di wilayah binaan masing-masing sehingga bisa koordinasi dengan aparat Desa tentang segala apa hambatan yang mungkin timbul dan langkah-langkah antisipasinya, ujar Danramil.

“Dari penilaian zonasi, maka kepala Desa dapat menentukan tindakan pengendalian yang sesuai terdapat kriteria zonasi terdiri dari zona hijau, kuning, oranye, dan merah,” tegasnnya.

Penanggung jawab Vaksinasi Bpk Chandra, A. Md., Kep. Menambahkan beberapa SDM yang terlibat di posko ini di antaranya Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, penyuluh, pendamping, tenaga kesehatan, relawan, PKK, dan karang taruna.

Peran kita semua dalam hal ini merupakan salah satu pendukung program percepatan pembangunan di Kelurahan sesuai tugas pokok yaitu membantu tugas pemerintah daerah sampai tingkat Kelurahan dan bahkan Rt serta membantu Pemda dalam bidang pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad