Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

AHM Siapkan PCX Baru Yang Dilengkapi Dengan Fitur Keselamatan "Air Bag"

PONTIANAK - Fitur keselamatan airbag sudah umum disematkan pada kendaraan roda empat atau lebih. Namun belakangan ini Honda telah membuat paten terbaru, di mana sepeda motornya akan dipasangi sebuah airbag, yang pada desain awalnya terlihat digunakan pada Honda PCX.



Sebelumnya Honda telah memperkenalkan sistem airbag pertama pada sepeda motor Goldwing tahun 2006. Teknologi tersebut jadi yang pertama di dunia sekaligus diproduksi secara massal. Namun setelah itu, belum ada lagi tipe motor Honda yang mengusung fitur airbag, hingga sekarang.

Meski begitu, bukan berarti Honda tidak melakukan penelitian dan pengembangan terhadap penggunaan airbag untuk sepeda motornya. Baru-baru ini sebuah paten yang beredar menampilkan Honda tengah merancang sistem kantung udara terbaru.

Dikutip dari Ride Apart, terlihat sebuah paten yang menampilkan desain terbaru airbag dari Honda. Gambar patennya memperlihatkan motor tipe PCX yang digunakan sebagai contoh pemasangan kantung udara.

Honda mengembangkan tiga desain airbag yang akan dipatenkan. Namun, kantung udara yang dipersiapkan oleh Honda saat ini memiliki desain berbeda dari generasi awal yang lebih menyerupai airbag pada mobil.

Untuk desain pertama, paten tersebut menampilkan visual airbag yang berada dalam sebuah kotak berbentuk huruf 'U' dan terletak tepat di atas stang. Cara kerjanya, airbag ini akan mengembang di depan windshield motor sehingga meminimalisir benturan keras pengendara terhadap benda.

Sementara pada paten kedua, Honda menggambarkan airbagnya diletakan di bawah panel instrumen, lebih tersembunyi dan tidak terlihat oleh pengendara. Cara kerjanya pun sama dengan pada gambar paten pertama, yakni airbag akan mengembang di depan windshield motor.

Desain ketiga dan yang terakhir dari Honda menampilkan gambar airbag yang dipasang tepat di stang motor. Desain paten ini dinilai lebih meyakinkan karena dilengkapi tabung inflasi eksternal yang menghubungkan airbag dengan sensor tabrakan, selain itu pengendara lebih aman karena kantung udara terbuka tepat mengarah ke pengemudi.

Honda mengklaim sebanyak 68% kecelakaan sepeda motor menyebabkan pengendara terpental ke depan. Faktor ini yang jadi pertimbangan oleh Honda untuk mengusung kembali airbag di sepeda motor. Namun sampai saat ini butuh pengembangan dan penelitian lebih jauh soal fitur airbag yang aman dan nyaman. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad