Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

KalbarSekitar Kita

Ketahanan Pangan, Brigif 19/Kh Ajarkan Menanam Cabe Kepada Warga

SINGKAWANG – Bercocok tanam adalah salah satu kegiatan yang cocok dilakukan di tengah masa pandemi saat ini. Dalam hal ini Brigif 19/Kh mengajak warga untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan aktif.
 

 

Salah satu tanaman yang mudah untuk ditanam dan bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari adalah cabe. Brigif 19/Kh mengajarkan cara penanaman cabe yang baik dan mudah kepada warga Kelurahan Bukit Batu Kecamatan Singkawang Tengah. Sabtu (29/05/2021).
Dimulai dengan mempersiapkan bibit cabe berkualitas, dapat diambil dari biji cabe yang masih segar kemudian dijemur dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
Lalu mempersiapkan media tanam (kita pilih tanah yang subur dengan pupuk kandang perbandingan 3:1) setelah bibit berumur 4 minggu digunakan tanah, pupuk, dan sekam mentah dengan perbandingan 3:2:1. Setelah media tanam dicampur diamkan selama satu minggu kemudian letakkan pada tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari.
Setelah bibit cabe sudah dalam kondisi siap ditanam selanjutnya dapat menyemai bibit tersebut, tahap awal gunakan plastik polybag ukuran kecil sebagai wadah, masukkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang sebelumnya. Tanam bibit ke dalam polybag dengan kedalaman 1 cm, tunggu hingga bibit tersebut berkecambah.
Setelah berumur 4 minggu pindahkan bibit cabe pada lahan yang telah disiapkan. Untuk perawatan cabe perlu dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman ini, Rutin memberi pupuk kompos dan jangan lupa siram tanaman cabe setiap hari.
Pasikomsos Brigif 19/Kh Lettu Inf Ugu Amin juga menjelaskan kepada warga agar melakukan perawatan dengan baik dan tunggu cabe hingga tumbuh sempurna dan berbuah, setelah itu anda tinggal memanennya saja, Pungkas Lettu Inf Ugu.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad