Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Ini Manfaat Fitur Idling Stop System di Motor Honda

PONTIANAK - Jalanan macet jadi salah satu penyebab konsumsi bahan bakar boros akibat energi yang dihasilkan mesin dari ruang bakar terbuang sia-sia. Selain itu, kondisi ini membuat emisi gas buang dari knalpot kendaraan semakin tinggi. 
Sebagai salah satu upaya untuk menekan konsumsi bahan bakar dan menekan kadar emisi gas buang kendaraan, Honda menghadirkan fitur Idling Stop System (ISS). 
 

 
Berikut cara mengaktifkan dan manfaat fitur ISS : Menekan Konsumsi BBM dan Emisi Gas Buang Saat pengendara berhenti di lampu merah atau terjebak dalam kemacetan, dalam waktu 3 detik mesin akan mati secara otomatis. Dengan begitu konsumsi bahan bakar yang tidak perlu akan berkurang dan emisi gas buang akan menurun.

Tekan Tombol ISS ke Posisi Idling. Untuk mengaktifkan fitur ISS, cukup tekan tombol ISS yang ada di stang sebelah kanan ke posisi Idling (tekan bagian bawah). Saat tombol berada di posisi Idling, lampu indikator pada panel meter akan menyala.
Ketika motor dijalankan maka sensor akan memerintahkan Engine Control Module (ECM) untuk mengaktifkan fitur ISS.
Cukup Putar Tuas Gas Untuk Menyalakan Mesin. Saat mesin dimatikan oleh ISS, lampu indikator akan berkedip menandakan bahwa Idling Stop System sedang aktif atau digunakan. Untuk menyalakan mesin, pengendara cukup memutar tuas gas layaknya sepeda motor yang akan bergerak dari posisi diam.
Saat tuas gas diputar maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi sinyal ke ECM untuk memerintahkan altenator menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter. Mesin pun akan menyala kembali.
Ketika tombol ISS berada di pisisi Stop (tekan tombol bagian atas) maka fitur Idling Stop System tidak bekerja.
Syarat agar Idling Stop System bekerja : Tekan tombol Idling Stop pada posisi “Idling Stop”. Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100. Temperatur mesin melebihi 60 derajat celcius. Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer/jam.
Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik, maka lampu indikator akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis Fitur ISS dapat ditemui pada beberapa motor matic Honda seperti PCX 150, PCX 160, Vario dan BeAT. (&)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad