Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Tips Merawat Bodi Motor Dari Astra Motor Kalbar

PONTIANAK - Selain mesin dan komponen logam, bodi sepeda motor juga perlu mendapat perhatian dan perawatan. Hal ini penting dilakukan, karena mampu menunjang tampilan sepeda motor agar selalu terlihat bersih, rapi dan sedap dipandang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat bodi sepeda motor supaya cat selalu terlihat kinclong. Berikut ini, tips dari Astra Motor Kalbar, dalam merawat bodi motor. 




Yang pertama adalah Cuci Secara Teratur.

Selain menjaga komponen logam selalu bersih dari minyak, debu dan kotoran yang menempel, mencuci sepeda motor secara teratur bisa mempertahankan warna cat bodi tetap terlihat bersih dan mengkilap.
Gunakanlah sabun khusus untuk mencuci sepeda motor. Jangan gunakan sabun yang mengandung deterjen karena bisa membuat cat motor cepat terlihat kusam.

Kedua adalah Gunakan Kain Berbeda.

Perlu diperhatikan juga, gunakan lap atau kain pencuci berbeda untuk mencuci bagian bawah seperti bagian roda dan mesin dengan bagian bodi motor.
Tujuannya agar kotoran yang menempel di lap tidak merusak lapisan cat bodi sepeda motor. Kotoran halus yang menempel pada lap akan membuat garis-garis halus pada cat motor.
Setelah dicuci, keringkan dengan lap untuk menghindari terjadinya water spot atau bercak jamur.

Ketiga, yaitu Segera Cuci Setelah Tersiram Hujan.

Zat yang terkandung dalam air hujan bisa menjadi asam setelah tercampur dengan zat lain seperti Karbon dioksia (Co2). Percampuran itulah yang membuat air hujan bisa membuat korosi pada logam.
Selain itu, jika air hujan yang menempel pada bodi motor dibiarkan mengering, akan mempercepat warna cat bodi motor menjadi kusam.

Keempat, Poles Secara Rutin.

Ada baiknya untuk melakukan perawatan poles bodi motor dengan obat poles. Langkah ini akan membantu warna cat bodi sepeda motor selalu terlihat mengkilap meski sepeda motor sudah lama dipakai.
Pilihlah obat poles yang tak meninggalkan residu atau yang memiliki bahan dasar Carnauba (lilin yang dihasilkan dari buah kelapa).

Sementara yang kelima adalah Parkir Ditempat Teduh.

Usahakan mencari lokasi parkir di tempat yang tidak langsung tersorot sinar matahari. Terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat warna cat bodi sepeda motor cepat kusam.
Bila perlu gunakan cover atau sarung motor untuk melindungi cat bodi motor dari sorotan sinar matahari. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad