SLIDER

header ads

Safety Riding Course Terbesar Milik AHM Hadir di Indonesia

PONTIANAK - PT Astra Honda Motor (AHM) rupanya tengah membangun sirkuit safety riding di Cikarang. Tak cuma itu, lintasan yang dimaksud digadang-gadang akan menjadi arena sirkuit riding center terbesar se-Asia Tenggara.
 

 

GM Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin menjelaskan bahwa pabrikan sayap mengepak ini sudah lama menyiapkan fasilitas sirkuit tersebut. Hanya saja akibat kondisi pandemi COVID-19, pengenalannya kepada masyarakat umum tertunda.
"Nanti di sana bisa berlatih banyak tentang safety riding. Mungkin menunggu waktu yang tepat untuk memperkenalkannya," ungkapnya dalam sebuah diskusi virtual belum lama ini.
Namun Muhib, sapaan akrabnya belum bersedia merinci lebih detail lagi soal data teknis, maupun fasilitas apa saja yang terdapat di sirkuit yang dibangun beberapa tahun ke belakang itu. Yang jelas penggunaannya selain digunakan internal AHM misalnya pengujian motor baru, juga dibuka untuk publik.
"Pokoknya nanti tanggal mainnya kami sampaikan, nanti bisa lihat seperti apa fasilitas safety riding yang kami miliki," sambungnya.
Lebih lanjut lokasi sirkuit PT AHM ini terletak di kawasan Deltamas, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Rumor yang berkembang, PT AHM menghabiskan dana hampir Rp 1 triliun untuk menggarap lintasan di atas tanah seluas 30 hektare itu.
Coba menguliknya melalui bantuan Google Earth, sirkuitnya diberi nama Astra Honda Motor Deltamas Plant. Berdasarkan gambar penampang, terdiri dari lintasan lurus memanjang maupun berkelok-kelok. Kabarnya dilengkapi lintasan medan off road ringan sampai simulasi berbagai macam situasi jalan raya.
Atas fasilitas tersebut, sirkuit tentunya bakal digunakan sebagai pusat fasilitas pelatihan maupun kompetisi keselamatan berkendara, sebagai wujud keseriusan AHM mengampanyekan program safety riding. Sehingga diharapkan mampu mencetak instruktur safety riding yang handal dan kompeten di Indonesia.
Sebelumnya AHM juga sudah memiliki sirkuit learning center di Sidoarjo, Jawa Timur, yang disebut sebagai fasilitas safety riding center terbesar se-Indonesia, di bawah naungan mitra diler PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM).
Pria yang akrab disapa Muhib ini mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah menyiapkan fasilitas sirkuit safety riding sejak lama. Lantaran pandemi Covid-19, penyebaran informasinya belum bisa dilakukan secara maksimal.
"Karena kendala pandemi kemarin, kita masih menunggu waktu yang tepat untuk memperkenalkannya. Nanti kita bisa berlatih banyak tentang safety riding," katanya.
Rencananya, sirkuit yang terletak di kawasan Deltamas, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat itu, tidak hanya dipakai untuk internal PT AHM, tapi juga bisa digunakan publik.
Sirkuit yang dibangun beberapa tahun belakangan ini merupakan salah satu fasilitas pelatihan cara berkendara sepeda motor. Trek yang dimiliki berupa ruas jalanan beraspal atau on road, juga medan off-road.
Kabarnya, AHM merogoh kocek sebesar Rp900 miliar untuk membangun fasilitas sirkuit dengan total luas tanah mencapai 30 hektare. Menarik untuk ditunggu.(*)

Posting Komentar

0 Komentar