SLIDER

header ads

AHM Akui Ekspor Sepeda Motor Honda Tertahan Akibat Pandemi

PONTIANAK - Indonesia saat ini menjadi salah satu basis produksi sepeda motor Honda untuk pasar otomotif Asia. Namun, pandemi COVID-19 memberi dampak yang buruk pada hal tersebut.
 
Honda Vario 150

Thomas Wijaya, Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut bahwa pandemi COVID-19 memaksa pihaknya untuk menahan produksi sepeda motor yang akan diekspor.
"Sebenarnya untuk penghentian ekspor sudah kita lakukan sejak beberapa bulan lalu. Sebelum virus corona (COVID-1) masuk ke Indonesia, kami sudah menghentikan pengiriman unit ke beberapa negara sejak Maret 2020 karena mereka pun melakukan lockdown," terang Thomas.
Hanya saja, saat ini, beberapa negara Asia yang terdampak virus corona (COVID-19) lebih dulu dibanding Indonesia sudah mulai beraktivitas dengan normal. Ada kemungkinan proses ekspor motor Honda dari Indonesia akan kembali berjalan.
"Kami masih mencari celah dari kebijakan negara-negara tujuan ekspor. Harapannya, penjualan bisa kembali naik dengan pertumbuhan volume kendaraan maupun varian yang bertambah," tambahnya.
Saat ini, PT AHM mengirim motor Honda secara utuh atau CBU (completely built-up) ke Filipina. Pabrikan berlogo sayap itu juga mengekspor ke Jepang, Thailand, dan Vietnam dalam bentuk komponen terpisah dan dirakit di negara tujuan atau CKD (completely knock-down).(*)

Posting Komentar

0 Komentar