SLIDER

header ads

Honda Kalbar Ajak Terapkan Tujuh Postur Berkendara di Jalan Raya yang Aman dan Nyaman

PONTIANAK - Safety Riding Team Astra Motor Pontianak, terus mengajak masyarakat Kalbar, untuk selalu menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara, terutama untuk diri sendiri dan orang lain.
Berkendara dengan baik, dapat mengurangi tingkat kecelakaan. Di Indonesia, hingga saat ini, kecelakaan saat berkendara merupakan faktor ke tiga dalam tingkat kematian.
Melalui Safety Riding Education, Honda Kalbar, terus mengkampanyekan keselamatan berkendara.

“Setidaknya, ada tujuh postur berkendara yang wajib kita ketahui untuk keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Dengan menerapkan tujuh poin ini, diharapkan bisa meminimalisir kecelakaan di jalan raya,” kata Instruktur Safety Riding Astra Motor Pontianak, Febri.

Adapun tujuh postur berkendara yang baik adalah Pertama mata lurus ke depan dan fokus ke tujuan.

Dalam berkendara harusnya kita selalu memperhatikan arah depan untuk mengetahui dan dapat mengidentifikasi medan yang akan dihadapi saat berkendara, untuk melihat belakang disarankan melihat ke kaca spion motor.

Kedua, pundak santai dan rileks.

Pundak santai dan rileks perlu dilakukan untuk menghilangkan tegang saat berkendara menghindari letih yang terlalu cepat ketika berkendara.

Ketiga, siku sedikit menekuk.

Diharapkan juga siku sedikit menekuk karena pasti kita dijalan menghadapi medan yang tidak rata, siku menekuk juga untuk mengindari benturan yang terjadi pada tubuh ketika melewati jalan yang tidak rata

Keempat, tangan memegang grip stang.

Tangan harus memegang grip stang agar pengendara salalu siap akan segala kondisi yang akan terjadi di jalan

Kelima, pinggul rileks.

Pinggul rileks juga membantu agar tidak telalu tegang yang membuat tubuh letih lebih cepat.

Keenam, lutut menjepit tangki dengan ringan.

Ketika kita menggunakan motor sport, wajibnya lutut harus menjepit tangki agar keseimbangan dan menghindari tersenggolnya lutut oleh kendaraan lain

Ketujuh, kaki menghadap ke depan dan ujung sepatu berada tepat di atas pedal.

Kaki menghadap ke depan dan ujung sepatu berada tepat di atas pedal membuat kita selalu siap dan nyaman ketika menghadapi jalan yang tidak rata, dan tentunya untuk menambahkan kenyamanan saat berkendara serta meningkatkan kendali atas kendaraan yang digunakan.
“Itulah tujuh postur berkendara yang wajib kita ikuti ketika berkendara. Selalu cari aman ketika berkendara, gunakan riding gear yang bersih, jaga selalu ke aman diri sendiri dan orang lain bersama Honda sama-sama kita ciptakan Indonesia yang aman ketika berkendara,” pungkas Febri.(*)

Posting Komentar

0 Komentar