SLIDER

header ads

CBR600RR Bakalan Muncul Dengan 'R' Tambahan

PONTIANAK - Desas-desus kemunculan Honda CBR600RR baru kembali terkuak. Tahun lalu sempat dikabarkan kalau jenama Jepang bakal meluncurkan motor super sport teranyarnya. Namun tidak ada kabar lagi hingga salah satu media memberitakan kehadiran untuk model 2021. Kini santer terdengar kalau motor berkapasitas 600 cc itu hendak menggunakan tiga abjad R (RR-R).
 
Honda CBR600RR-R

Honda CBR600RR sebenarnya sudah berhenti produksi setelah gagal memenuhi aturan Euro4 sejak 2017. Pihak pabrikan menyebut kalau untuk bisa lolos uji emisi butuh biaya yang tidak sedikit. Sementara permintaan pasar masih belum banyak, dan tentunya berdampak pada harga jual yang lebih mahal dari standar Euro3.
Rumor kemunculannya berawal dari majalah Young Machine. Mereka menampilkan motor yang diduga CBR600RR MY 2021 di bagian cover pada edisi terbaru. Di gambar itu terlihat kalau motor berkonfigurasi empat silinder punya banyak perbedaan dari versi sebelumnya. Paling kentara ada di bagian fairing depan maupun samping, serta knalpot yang tidak lagi pakai model undertail.
Meski masih berupa gambar rendering, pihak sana menyakini kalau CBR600RR terbaru punya tampilan lebih segar. Secara visual, mirip dengan CBR series di kelas tertinggi. Lengkap dengan winglet serupa dengan sang kakak. Apalagi kabarnya juga mengikuti nomenklatur Honda CBR1000RR-R terbaru dengan memperoleh tambahan 'R' di belakang. Banyak yang beranggapan, dengan banyak ‘R’ maka makin kencang pula akselerasinya.
Model ini tidak hanya memiliki kemampuan di jalan, namun juga beringas di sirkuit. Dari beberapa pembalap yang pernah menunggainya, berhasil memenangkan Kejuaraan FIM World Supersport enam kali berturut-turut dari 2002 hingga 2008. Dan dua kemenangan lagi pada 2010 dan 2014. Sejak 2015, prestasinya mulai menurun dan kalah cepat dengan para pesaingnya.
Spekulasi yang beredar, motor empat silinder segaris ini bakal melakukan debut antara Oktober hingga November 2020. Diyakini meluncur di ajang pameran otomotif Intermot di Jerman. Ada pula yang menyebut bakal muncul bersamaan dengan gelaran MotoGP Sepang.(*)

Posting Komentar

0 Komentar