PONTIANAK, KP – Menjelang libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, aktivitas di Bandara Internasional Supadio diperkirakan meningkat signifikan. Untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak menggelar apel kesiapan Natal dan Tahun Baru di kawasan bandara, Selasa pagi, 23 Desember 2025.
Apel kesiapan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Imigrasi Kalimantan Barat, Wahyu Hidayat. Dalam amanatnya, ia menegaskan pentingnya menjaga disiplin, integritas, dan profesionalisme petugas di tengah meningkatnya intensitas pelayanan selama masa libur akhir tahun. Lonjakan jumlah penumpang, menurutnya, tidak hanya menuntut kecepatan dalam pelayanan, tetapi juga ketelitian dan tanggung jawab penuh dalam setiap proses pemeriksaan keimigrasian.
Seiring meningkatnya arus keluar masuk penumpang internasional, Wahyu Hidayat menekankan kesiapan sarana dan prasarana pendukung, termasuk sistem keimigrasian, agar pelayanan di konter pemeriksaan dapat berjalan lancar tanpa menimbulkan antrean panjang. Kesiapan teknis tersebut menjadi faktor penting untuk menjaga kelancaran operasional bandara selama periode Nataru.
Selain kesiapan internal, koordinasi dan sinergi dengan berbagai instansi serta pemangku kepentingan di lingkungan Bandara Internasional Supadio turut menjadi perhatian. Bandara dipandang sebagai ruang kerja bersama yang menuntut kerja sama lintas sektor demi menjaga keamanan, kenyamanan, serta kelancaran pelayanan bagi masyarakat.
Aspek komunikasi juga mendapat penekanan khusus. Pada periode Natal dan Tahun Baru, dinamika pelayanan di bandara diperkirakan akan semakin padat. Oleh karena itu, komunikasi yang jelas, terbuka, dan efektif antar petugas, antar shift, hingga dengan pimpinan dinilai krusial agar setiap informasi terkait kondisi lapangan maupun potensi kendala dapat segera ditangani.
Usai memimpin apel, Wahyu Hidayat melakukan pengecekan langsung ke konter pemeriksaan keimigrasian untuk memastikan kesiapan personel dan sistem. Dalam kesempatan tersebut, petugas diingatkan agar tetap sigap dan responsif dalam memberikan pelayanan kepada para penumpang.
Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak, Sam Fernando, menegaskan komitmen jajarannya untuk menjaga pelayanan keimigrasian tetap optimal dan terkendali selama libur Natal dan Tahun Baru. Dengan berbagai langkah kesiapan yang telah dilakukan, Imigrasi Pontianak optimistis mampu memberikan pelayanan terbaik meski terjadi peningkatan signifikan jumlah penumpang di Bandara Internasional Supadio.(*/Red)


