JAKARTA,
 KP – Sebanyak 4.590 mahasiswa dari 29 perguruan tinggi di berbagai 
provinsi Indonesia berinteraksi secara aktif dan seru dalam kegiatan 
seminar keselamatan berkendara dengan tema “Slow Down, Life Up” 
sepanjang bulan September 2024. Kegiatan yang digelar PT Astra Honda 
Motor (AHM) bersama jaringan main dealer di seluruh Tanah Air ini 
mengajak ribuan anak muda untuk bersama-sama mewujudkan budaya keamanan,
 kenyamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya.
Dalam
 seminar dan diskusi ini, para mahasiswa menambah wawasan sekaligus 
saling berbagi rahasia cara unik mereka untuk meningkatkan keselamatan 
saat mengendarai sepeda motor di jalan raya, terutama dalam mengatur 
kecepatan.
Berdasarkan
 riset internal AHM, saat ini kecepatan tinggi menjadi penyebab 
kecelakaan lalu lintas tertinggi di kalangan anak muda. Sehingga, 
diskusi ini mengajak ribuan mahasiswa untuk lebih peka dalam berkendara 
dengan memiliki pemahaman bahwa semakin tinggi kecepatan maka berbanding
 lurus dengan tingginya resiko kecelakaan di jalan. Selain itu, 
penyusunan rencana perjalanan juga menjadi salah satu hal penting yang 
perlu dilakukan guna meminimalisir resiko perjalanan karena terburu-buru
 saat menuju tempat tujuan. Pemahaman rambu-rambu lalu lintas juga 
berdampak dalam pengaturan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan, serta 
pentingnya pengendara sepeda motor untuk tetap mengutamakan keselamatan 
dalam setiap pengambilan keputusan saat berkendara.
Diskusi
 interaktif para mahasiswa dari berbagai pulau ini semakin spesial 
dengan hadirnya instruktur safety riding Honda yang berbagi ilmu 
keselamatan berkendara, termasuk pentingnya berkendara dengan 
kelengkapan surat-surat berkendara. Dalam sesi ini, peserta juga 
mendapat wawasan lebih luas dari perwakilan Kepolisian Republik 
Indonesia di setiap wilayah.
Pembelajaran
 bukan hanya seputar kondisi berkendara di jalan raya, namun AHM dan 
jaringannya juga bekerjasama dengan Jasa Raharja dalam memberikan 
pemaparan edukasi asuransi kecelakaan bagi pengguna sepeda motor. Untuk 
menambah sisi interaksi dan seru khas anak muda, para intruktur AHM juga
 memberikan edukasi melalui simulasi berkendara yang dilakukan di 
sekitar area kampus.
General
 Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya menyampaikan 
kepekaan terhadap keselamatan berkendara di jalan raya bagi anak muda 
sangat penting untuk terus diasah, sehingga generasi penerus bangsa ini 
tidak hanya memiliki kepedulian namun juga dapat menjadi bagian dari 
budaya berkendara yang aman dan menyenangkan di jalan.
“Kegiatan
 edukasi keselamatan berkendara bersama ribuan mahasiswa yang interaktif
 dan saling berbagi rahasia keselamatan berkendara khas anak muda 
diharapkan dapat mendukung  gaya hidup berkendara mereka yang nyaman, 
aman dan selamat di jalan raya,” ujar Andy.
Gelaran
 edukasi keselamatan berkendara ini juga dimeriahkan dengan 
program-program kuis menarik berhadiah jutaan rupiah bagi peserta 
pelatihan. Hadir di setiap provinsi di Indonesia, program edukasi 
keselamatan berkendara di kampus ini dimulai dari sisi barat Indonesia, 
yakni Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh hingga bagian Timur 
Indonesia yakni Universitas Cendrawasih Jayapura, Papua.
Sepanjang
 tahun 2024 hingga bulan September ini, AHM bersama jaringan sepeda 
motor Honda telah berhasil mengedukasi sebanyak 97.670 orang melalui 
berbagai kegiatan seperti bekerjasama dengan institusi pendidikan hingga
 edukasi bagi para pekerja di berbagai daerah. (*/Red) 

