Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Brave TogetherKombisMaybellineNasional

Lawan Isu Depresi & Kecemasan Di Indonesia, Maybelline Gelar Brave Together

JAKARTA, KP - Maybelline Brave Together adalah sebuah inisiatif yang diluncurkan oleh Maybelline New York secara global pada tahun 2020 guna memberikan akses konseling satu banding satu secara gratis demi mengatasi isu kecemasan dan depresi. 
 


World Health Organization Foundation lantas mengapresiasi brand makeup #1 dunia lewat serial mini- dokumenter bertajuk "Healthier Together" yang diproduksi oleh BBC StoryWorks Commercial.

"Inisiatif Maybelline Brave Together pertama kali diluncurkan tahun 2020 dan diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2022 untuk mendukung generasi muda Indonesia menghadapi isu kecemasan dan depresi. Sejak saat itu, Maybelline secara konsisten memberikan akses konseling gratis dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya merawat kesehatan mental, terutama kecemasan dan depresi," ungkap Carla Mangindaan, Brand General Manager, Maybelline Indonesia.

Menurut "Indonesia Gen Z Report 2024", kesehatan mental menjadi salah satu dari tiga' isu yang menjadi perhatian Gen-Z dan milenial Indonesia, selain kesetaraan sosial dan ekonomi serta hak asasi manusia dan keadilan sosial.

Namun, stigma negatif seputar kesehatan mental dan kurangnya akses pelayanan menjadi penghambat atau barrier utama pemulihan.

Di Indonesia, Maybelline New York bekerja sama dengan KALM, sebuah platform konseling online berbasis aplikasi yang menaungi lebih dari 200 orang psikolog profesional, untuk mendobrak barrier ini lewat akses konseling gratis berbasis aplikasi.

Berikut adalah fakta menarik seputar Brave Together di Indonesia:
  1. Sejak tahun 2022, tercatat adanya kenaikan partisipasi sesi konseling Brave Together di Indonesia sebanyak lebih dari 2x lipat di tahun 2023.
  2. Sesi konseling didominasi oleh Gen-Z berusia antara 19-27 tahun, di mana 86% adalah Perempuan.
  3. KALM mencatat bahwa tiket sesi konseling paling sering diklaim selepas pukul 18.00- 20.00.
  4. 73% peserta konseling melaporkan gejala kecemasan dan depresi dengan ciri-ciri, yaitu cemas, gugup, gelisah, serangan panik, kesulitan berkonsentrasi, sering menangis, merasa putus asa, mood swing, kemarahan, stress, sulit tidur dan kelelahan.
  5. 94% peserta mengatakan terbantu karena program konseling gratis dan psikolog yang kompeten.
  6. Selama tahun 2023, lebih dari 40.000 sesi konseling profesional gratis telah diberikan. Maybelline New York berkomitmen terus melanjutkannya.
"Apresiasi sebesar-besarnya bagi Maybelline New York yang telah memberikan akses konseling gratis bagi masyarakat Indonesia yang mau menjaga kesehatan mentalnya.

Kami bersyukur KALM dapat menjadi bagian dari inisiatif yang inklusif ini karena Brave Together berhasil membuka akses konseling bagi mereka yang sebelumnya terhambat karena alasan finansial maupun geografis. Peserta konseling Brave Together tidak hanya dari pulau Jawa saja, tetapi ada dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Maluku," jelas Karina Negara, Psikolog Klinis dan Co-founder KALM. Sejak tahun 2022, tercatat adanya kenaikan partisipasi sesi konseling Brave Together di Indonesia sebanyak lebih dari 2x lipat di tahun 2023.

Sesi konseling didominasi oleh Gen-Z berusia antara 19-27 tahun, di mana 86% adalah Perempuan.

KALM mencatat bahwa tiket sesi konseling paling sering diklaim selepas pukul 18.00- 20.00.

73% peserta konseling melaporkan gejala kecemasan dan depresi dengan ciri-ciri, yaitu cemas, gugup, gelisah, serangan panik, kesulitan berkonsentrasi, sering menangis, merasa putus asa, mood swing, kemarahan, stress, sulit tidur dan kelelahan.

94% peserta mengatakan terbantu karena program konseling gratis dan psikolog yang kompeten.

Selama tahun 2023, lebih dari 40.000 sesi konseling profesional gratis telah diberikan. Maybelline New York berkomitmen terus melanjutkannya.

"Kami juga memberikan training Brave Talk untuk membantu setiap orang bisa menjadi pendengar yang baik kepada lebih dari 1.500 orang. Misi Maybelline New York adalah memberikan rasa percaya diri kepada setiap orang untuk mengekspresikan kecantikan mereka. Kami tahu bahwa makeup menjadi salah satu cara, tetapi usaha yang sesungguhnya dimulai dari dalam, yaitu dari mental yang sehat," ujar Carla.

Di tingkat global sendiri, Brave Together telah membantu lebih dari 1,65 juta orang untuk mendapatkan bantuan konsultasi 1:1 dengan gratis di 34 negara dengan lebih dari 45 LSM lokal.

Butuh bantuan? Ingin tahu lebih banyak tentang isu depresi dan kecemasan? Atau hanya ingin bercerita saja? Yuk, konsultasi online gratis tanpa syarat di Brave Together dengan mengunduh aplikasi KALM dan masukan kode voucher "BRAVE 33-33-33-33".(*/Red)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad