Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarKemenangPontianakWapres RI

Ini Pesan Wapres Ma’ruf Amin Saat Hadiri Pengukuhan KDEKS Kalbar

PONTIANAK, KP - Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (27/03/2024) di Balai Petiti Gubernur Kalbar.

Dalam arahannya Ma’ruf Amin yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menuturkan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat selaras dengan potensi dan sumberdaya alam, seperti Kelapa Sawit, Karet, Kelapa, Boksit serta hasil pertanian lainnya. 

Menurutnya posisi geografis yang berbatasan langsung dengan negara tetangga menempatkan Kalbar sebagai wilayan negara yang berpotensi besar disektor perdagangan, pariwisata, lintas batas.
 
”Pembangunan akses jalan darat Kalbar hingga ke Kaltim yang dilakukan akan semakin meningkatkan konektivitas serta menjadikan Kalbar sebagai daerah pendukung pembangunan Ibu Kota negara” katanya. 

Wapres menambahkan beragam potensi dan keunggulan tersebut harus di kapitalisasi dan disinergikan dengan program pengembangan ekonomi Syari’ah di Kalimantan Barat. “Percepat pertumbuhannya sehingga Kalimantan Barat dapat tumbuh diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional” harap Ma’ruf Amin.

Pada kesempatan tersebut, Wapres menitipkan beberapahal kepada penting kepada Pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Kalimantan Barat yang baru dikukuhkan diantaranya adalah:

Pertama, mempercepat eksekusi program kerja KDEKS Kalimantan Barat terutama focus pada sector unggulan ekonomi dan keuangan syari’ah yang bercirikan kearifan lokal.

Kedua, Kembangkan wisata ramah muslim berbasis wisata alam pada kawasan Hutan Bakau maupun wisata budaya, religi, seperti Istana Kadariah Pontianak sebagai sejarah berdirinya kesultanan Pontianak. 

Ketiga, hilirisasi komuditas unggulan dalam komoditas tranformasi ekonomi hijau yang ada di Kalbar serta menjalin Kerjasama dengan negara tetangga guna peningkatan investasi dan pengembangan industri halal di Kalimantan Barat.

Sementara itu Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalbar Kaharudin yang menjadi satu diantara pengurus KDEKS Prov Kalbar merasa bersyukur mendapatkan arahan langsung dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin sebagai Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Sebagai Ketua Satgas Jaminan Produk Halal (JPH) Kalbar Kaharudin juga berterima kasih kepada Wapres RI yang telah menyerahkan Sertifikat Halal kepada pelaku usaha di Kalimantan Barat yang diterima secara simbolis oleh tiga UMKM yaitu Fenty Sentiawaty (Kantin Safira MAN 1 Pontianak), Latifah (Produk Bakeri Jl. Imam Bonjol Pontianak) dan Bakso Cakil Malang Jl. Dr. Wahidin Sei Jawi Pontianak. (*/Red) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad