Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Asrama HajiKalbarPontianak

Dirjen PHU Hilman Latief Harap Pembangunan Asrama Haji Pontianak Tuntas Sebelum Oktober 2024

PONTIANAK,KP - Layanan untuk jema'ah haji dari tahun ke tahun diharapkan semakin baik. Kebutuhan untuk pembangunan asrama haji ini penting bagi para jemaah. Aura asrama haji itu beda. Kenangan bagi jemaah dan keluarga yang mengantar jemaah di asrama haji itu tak terlupakan. 

"Pembangunan asrama haji Pontianak ini harus tepat waktu. Pastikan sebelum Oktober sudah tuntas dan sudah serah terima. Terus komunikasi jika ada kendala dan masalah di lapangan," tegas Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh Kementrian Agama RI (Dirjen PHU) Hilman Latief saat memberikan arahan kegiatan Groundbreaking Pembangunan Asrama Haji Pontianak, Jum'at (29/3/2024). 

Menurut Hilman Latif, jemaah haji lansia terus semakin banyak setiap tahun. Masa tunggu jemaah haji Indonesia masih lama. Bahkan di beberapa provinsi yang penduduk muslimnya besar, masa antriannya bisa sampai 30-40 tahun. 

"Presiden RI Jokowi mengatakan haji ramah lansia ini merupakan legacy masa kepemimpinan beliau. Saya minta desain asrama haji harus ramah lansia. Di samping itu, juga perlu diperhatikan asrama haji ramah lingkungan. Kita mesti lakukan penghijauan di lingkungan asrama haji ini. Bahkan bila memungkinkan perlu dibuat danau kecil. Buat suasana nyaman dan teduh bagi jemaah haji," ujar Hilman Latief. 

Sebelumnya ditempat yang sama, Kakanwil Kemenag Kalbar Muhajirin Yanis menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Dirjen PHU Kemenag RI ke Kalbar. 

"Kami patut berbangga kehadiran Pak Dirjen PHU Kemenag RI berkenan hadir ke Kalimantan Barat selain memberikan pembinaan pada Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, juga berkenan hadir melakukan groundbreaking pembangunan asrama haji Pontianak ini di bulan Ramadan. Semoga berkahnya Ramadan juga dianugerahkan kepada kita semua," ungkap Muhajirin Yanis. 

Muhajirin Yanis menjelaskan, selama beberapa tahun ini jemaah haji Provinsi Kalimantan Barat diinapkan di hotel karena belum memiliki asrama haji yang representatif. 

"Ini adalah dukungan nyata Dirjen PHU Kemenag RI dalam pembangunan asrama haji Pontianak. Jumlah kamar asrama haji yang ada saat ini ada aula besar dan gedung baru 39 kamar di tahun 2022. Tapi kamarnya masih sangat terbatas. Alhamdulillah tahun 2024 ini kita mendapatkan alokasi kamar 72 kamar asrama haji," terangnya. 

Lebih lanjut Muhajirin Yanis mengatakan, jika konfigurasi jemaah haji kembali ke formasi lama 450an, kita berharap semoga tahun depan diberi kesempatan membangun 25 sampai 30 kamar lagi tahun 2025. Ini merupakan kebutuhan mendesak. Bangunan tersebut benar-benar sangat kami butuhkan. 

"Kami berharap nanti asrama haji Pontianak ini menjadi embarkasi antara. Bahkan Pemrov Kalbar sudah beraudiensi ke PHU Kemenag Pusat sebagai wujud dukungan untuk embarkasi antara. Pemprov Kalbar juga akan memberikan hibah pagar untuk pengamanan asset di asrama haji Pontianak ini," pungkas Muhajirin Yanis.  

Hadir dalam kegiatan itu, Kabid PHU Kanwil Kemenag Kalbar Kamaludin beserta jajaran, Pimpinan Penyedia Pembangunan Asrama Haji, konsultan, perencana, PPK dan seluruh unsur yang terlibat dalam pembangunan asrama haji. (*/Red) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad