Post Top Ad

tcJUWhf

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Yayasan AHM Latih Anak Muda Agar Mampu Menjadi Duta Safety Riding Honda

BEKASI - Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mengajak 45 duta safety riding dari lima sekolah binaan setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti Safety Riding Camp (SR Camp).



Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara.

Perwakilan generasi muda ini mengikuti beragam rangkaian acara dan puncak pelatihan digelar di Astra Honda Motor Safety Riding & Training Center (AHM SRTC), Cikarang-Jawa Barat (19-21/12).

Pada gelaran yang bertajuk “Journey to The Next Level”, SR Camp berupaya menghasilkan duta safety riding yang kompeten dan berkomitmen mendukung gerakan kampanye keselamatan melalui pola pikir yang mengutamakan berlalu lintas aman dan nyaman.

Hal ini diwujudkan dengan patuh pada regulasi, penggunaan safety gear yang lengkap, dan memastikan untuk mengendarai sepeda motor dalam kondisi prima.

Para peserta SR Camp mendapatkan beragam ilmu yang bermanfaatkan dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara, seperti inspirasi fotografi dan videografi, public speaking, serta pengetahuan fitur keselamatan yang tersematkan pada sepeda motor Honda.

Selain itu, ilmu keterampilan berkendara anak-anak muda ini dikalibrasi secara praktik dan teori dengan tema ajar utama yakni potensi bahaya saat berkendara sepeda motor di jalan raya.

Seluruh materi ajar diberikan sebagai langkah untuk memperkuat kemampuan para duta Safety Riding dalam mengedukasi keselamatan berkendara di Safety Riding Lab Astra Honda.

Sepanjang gelaran SR Camp, para peserta yang mewakili 112 duta safety riding Astra Honda dilatih langsung oleh instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM).

Pelatihan meliputi berbagai aspek keterampilan dasar berkendara yakni teknik pengereman, teknik menikung dan teknik keseimbangan dengan sepeda motor.

Para peserta juga diajari cara melakukan pengamatan kondisi lalu lintas, lingkungan dan pengendara sesuai dengan aturan lalu lintas, rambu dan marka jalan.

Mereka dilatih membuat analisa potensi bahaya melalui materi, diskusi, tanya jawab dari gambar dan video, hingga simulasi menggunakan Honda Riding Trainer (HRT).

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengapresiasi semangat para duta safety riding untuk terus mendukung aktifitas berkendara yang aman dan nyaman di lingkungan terdekatnya.

Dengan pendekatan khas anak muda, Yayasan AHM berupaya terus mengajak para penerus bangsa ini untuk menyampaikan pesan keselamatan berkendara yang menyenangkan, aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan.

“Target utama kami pada SR Camp 2022 adalah untuk melatih para peserta agar tetap berpikir kritis saat berkendara sehingga dapat mengenali potensi bahaya di jalan raya. Sehingga, mereka pun dapat juga mengajarkannya kepada teman, keluarga, dan masyarakat dengan cara unik dan kreatif khas

daerah masing-masing dalam peran mereka sebagai duta safety riding,” ujar Muhib.

Sepanjang 2022, para duta safety riding telah mengedukasi lebih dari 8.500 orang usia produktif dengan pendekatan berbeda di setiap daerah.

Pendekatan secara kearifan lokal dilakukan dalam menyampaikan pesan aman ke anak-anak usia sekolah hingga pemakaian istilah yang lekat dengan

keseharian masyarakat. Kampanye ini dilakukan juga secara daring maupun luring untuk mendorong terciptanya aktifitas berkendara aman dan nyaman sebagai gaya hidup. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad