Post Top Ad

tcJUWhf

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

KalbarKapuashuluPamtas

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani Gelar Kegiatan Pengobatan Gratis Dan Pembagian Sargal Kepada Masyarakat Di Perbatasan

 KAPUAS HULU – Pos Kotis Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani menggelar kegiatan Bakti Sosial berupa Pengobatan masal secara gratis dan juga pembagian sargal kepada masyarakat di Desa Pulau Majang, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara terpusat di Aula Gedung Desa Pulau Majang. Kamis, 22 Desember 2022.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau. Kamis (22/12/2022).


Dansatgas mengatakan kegiatan pengobatan secara gratis merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Yonarmed 19 Bogani di bidang bakti sosial dengan berupaya membantu meringankan keluhan masyarakat di bidang kesehatan. Sementara itu kegiatan pembagian sargal kepada masyarakat dengan memberikan baju layak pakai, alat tulis, Al Quran serta alat olahraga bertujuan untuk membantu warga yang membutuhkan.

Pada pelaksanakan pengobatan gratis tersebut dilaksanakan oleh tim kesehatan Satgas Pamtas Yonarmed 19 Bogani yang terdiri dari Dokter Satgas Letda Ckm Ekal Tarigan serta 6 (enam) anggota kesehatan lainya. Memulai kegiatan pengobatan dari jam 08.00 s.d. 13.00 WIB. Sebanyak 115 orang pasien dari desa tersbut baik tua, muda anak-anak berobat dan menyampaikan berbagai keluhan penyakit yang mereka derita.

Adapun penyakit yang banyak diderita oleh warga adalah penyakit Hipertensi, Diabetes melitus, Penyakit Kulit dan berbagai penyakit ringan lainnya. Penyakit ini ada karena seringnya mengonsumsi makanan tinggi garam serta minuman yang mengandung kafein, akibat pola hidup yang kurang sehat serta kurang bersihnya air yang digunakan warga untuk keperluan mandi sehari-hari.

Di tempat yang sama, kegiatan pembagian sargal juga dilaksanakan dengan dikoordinir oleh Pasiter Satgas Lettu Arm Maxy Pasombo, Serda Gusti dan Pratu Ariyadi yang diawali dengan penyerahan secara simbolis dari Dansatgas kepada Kepala Desa Pulau Majang serta pemberian hadiah berupa alat tulis bagi siswa-siswi yang berprestasi mulai dari siswa SD kelas 1 sampai 6 dan siswa SMP dari kelas 1 sampai 3. Kegiatan pembagian sargal tersebut kemudian dilanjutkan dengan kegiatan games bagi anak-anak berupa kuis tanya jawab mengenai pemahaman mereka tentang pengetahuan umum dan pelajaran di sekolah yang hadihnya juga berupa alat tulis. Sebanyak 100 anak lebih seusia SD dan SMP ikut dalam kegiatan tersebut, mereka semua begitu antusias mengikuti kegiatan.

Selanjutnya Dansatgas juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI khususnya Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani kepada masyarakat di perbatasan, serta sebagai bukti nyata akan kehadiran Satgas Yonarmed 19 Bogani yang membantu kesulitan masyarakat disekelilingnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pulau Majang Bapak Musmulyadi mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonarmed 19 Bogani atas perhatian dan kepedulian memberikan pelayanan kesehatan gratis serta memberikan baju layak pakai dan kebutuhan lainnya yang dapat berguna bagi warga Pulau Majang.

“Saya mewakili masyarakat Pulau Majang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian dari TNI Satgas Yonarmed 19 Bogani. Kami semua berharap melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran kepada warga tentang pola hidup sehat dan untuk sargal yang dibagikan semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.” Ucap Mulyadi.

Autentikasi : Pen Satgas Pamtas RI-Mly Yonarmed 19/105 Trk Bogani 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad