Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

OtomotifYamaha

Yamaha Kalbar Bagikan Tips Mudik yang Aman

PONTIANAK - Sebanyak 79.4 juta orang diperkirakan akan mudik pada tahun 2022, menurut survei dari Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dari angka tersebut, sekitar 40 juta pemudik diprediksi akan menggunakan kendaraan pribadi. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan sejumlah persiapan, sehingga bisa tiba di kampung halaman



Tips mudik aman dan sehat:

1. Cek apakah pintu rumah sudah terkunci. Selain memastikan rumah telah terkunci, salah satu cara guna memastikan kondisi di rumah tetap aman adalah dengan memasang sistem keamanan, beberapa jenis alat elektronik yang bisa jadi bagian dari sistem keamanan rumah adalah lampu eksterior yang bisa mendeteksi gerakan, kamera pengawas, serta sensor pintu dan jendela

2. Informasikan tetangga atau kerabat Pemudik disarankan untuk menginformasikan rencana mudik ke tetangga atau kerabat yang tidak mudik tahun ini. Sehingga, jika ada insiden tertentu, para pemudik bisa langsung dikabari.

3. Bawa barang secukupnya. Bagi masyarakat yang akan menggunakan kendaraan umum, salah satunya bus, mereka sebaiknya membawa barang secukupnya. Hindari bawa barang berharga yang berlebihan. Mungkin ada pemudik yang ingin membawa buah tangan untuk sanak saudara di kampung, tapi harap diperhatikan bahwa barang-barang tersebut harus dalam pengawasan agar tidak hilang. Jika barang terlalu banyak, maka akan lebih sulit untuk mengawasinya.

4. Lakukan vaksinasi Covid-19 Masyarakat yang berencana mudik diimbau untuk mendapat vaksin Covid-19, guna memastikan adanya kekebalan terhadap virus tersebut. Mereka juga sebaiknya melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga atau booster.

5. Cek kondisi kendaraan. Bila pulang ke kampung halaman naik mobil pribadi, pemudik wajib memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu. Calon pemudik bisa mengecek kondisi mesin, bagian rem, ban, aki, dan pelumas mobil.

6. Hubungi petugas jika ada gangguan di perjalanan

7. Beristirahat jika lelah Pemudik yang naik kendaraan pribadi wajib beristirahat dalam jangka waktu tertentu.

8. Kenakan baju yang nyaman sesuai kondisi Terlepas dari moda transportasi yang dipilih, pemudik dianjurkan untuk mengenakan baju yang nyaman karena durasi perjalanan mudik yang bisa cukup panjang. Pemudik yang naik bus, misalnya, bisa membawa baju hangat guna mengantisipasi udara yang dingin, terutama saat malam hari.

9. Buat anak nyaman selama perjalanan Jika mudik bersama si kecil, orangtua bisa membawa mainan atau memainkan lagu-lagu favorit anak agar perhatian mereka teralihkan selama perjalanan. Bagi pemudik yang naik mobil pribadi, mereka bisa berhenti sebentar untuk menggendong anak. Hal ini karena beberapa anak akan merasa nyaman jika digendong

10. Ketahui rute perjalanan Mengetahui rute perjalanan merupakan hal penting, sehingga pemudik bisa memprediksi area peristirahatan atau posko mudik terdekat. Hal ini berlaku, termasuk untuk pemudik yang memilih naik sepeda motor.(*)(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad