Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Honda DBL Kalimantan Barat 2022 Yang Digelar Oleh Astra Motor Kalbar Resmi Usai

PONTIANAK - Tim Basket SMA Santu Petrus kembali berhasil mengawinkan gelar juara dalam laga final Honda DBL Series 2021 West Kalimantan. Kejuaraan ini berlangsung di lapangan Perbasi Pontianak, Jumat (11/3) malam WIB.



Dalam gelaran serupa sebelum pandemi 2019 lalu, Tim SMA Santu Petrus juga merupakan juara bertahan. Dominasi mereka semakin tak tergoyahkan.

Untuk pertandingan final tadi malam, Tim Putra Santu Petrus kembali bertemu Tim Santo Paulus. Petrus berhasil menaklukkan rivalnya dengan skor telak 90-24.

Tim putra SMA Santu Petrus memang dikenal sebagai tim superior di gelaran Honda DBL 2021 West Kalimantan Series ini. Bukan tanpa alasan, mereka datang dengan capaian 10 trofi sejak kompetisi ini dimulai pertama kali pada 2008 silam.

Sedangkan untuk tim putri, Santu Petrus kali ini menumbangkan Tim SMA 2 Pontianak dengan skor 63-18. Laju tim ini seakan tak terbendung. Tidak dipungkiri lagi, visi bermain Nita Panita dan rekannya memang lebih baik dibanding lawannya.

Terbukti, tim asuhan Eka Bagus Tri Setyawan itu berhasil mencetak dua digit poin di setiap kuarternya. Sebaliknya, putri Dua sendiri makin tertekan usai kuarter dua ditutup.

Dua kuarter pertama, tim polesan Gagasan Pribadi itu hanya menorehkan enam poin saja. Sebenarnya putri Dua sendiri bukan tanpa perlawanan. Mereka seringkali mendapatkan bola dan menembaknya ke ring anak-anak Santu Petrus. Sayangnya, akurasi tembakan mereka banyak yang meleset.

Selain itu, Asri Humaira dan kawan-kawan pun kerap melakukan turnover yang tidak perlu.

Hasilnya, kekurangan itu menjadi bumerang bagi mereka. Putri Santu Petrus yang pandai memanfaatkan celah dari lawannya, sukses mengonversi turnover Dua menjadi poin. Catatan points from turnover Nita Panita dkk mencapai 20 poin.

Kombinasi akurasi tembakan yang akurat dan permainan menusuk dari Santu Petrus juga berhasil diperlihatkan oleh mereka di laga ini.

Tim yang diarsiteki oleh coach Eka itu sukses mengemas 36 poin saat berlaga di bawah ring lawan. Hal ini juga tak lepas dari kontribusi seluruh pemain Santu Petrus yang sukses menyumbang poin di partai puncak ini.

Tiga pemain Santu Petrus layak mendapat kredit lebih di laga ini. Mereka adalah Bella Aurevia, Queeny Alexandria, dan Gelviany Gelvianlo. Ketiga pemain itu sukses menorehkan dua digit poin di laga ini. Bahkan, Queeny nyaman mencatat double-double dengan 12 poin dan 19 rebound. Dari sisi lawan, Vellysa Amelia Putri yang jadi tumpuan tim. Bermain selama 33 menit 58 detik, dirinya sukses mengemas 8 poin dan 6 rebound.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kota Pontianak, Syarif Saleh memuji pelaksanaan keseluruhan kegiatan ini yang menjalankan protokol kesehatan ketat.

“Laga final ini sangat seru. Selamat buat SMA Santu Petrus yang berhasil mengawinkan gelar juara pertama Honda DBL,” ujar Syarif Saleh.

Pelaksanaan Honda DBL tahun ini memang masih dalam suasana pandemi Covid-19. Alhasil gelaran turnamen DBL tanpa penonton.

Ia berpandangan, saat gelaran final berlangsung. pihak panitianya benar-benar menjaga dan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Masker wajib digunakan. Hand sanitizer lengkap.

Sebelum bertanding, para pemain dan panitia juga wajib dites PCR. Artinya, turnamen ini benar-benar sesuai prosedur.

Menurutnya, turnamen olahraga memang harus tetap berjalan meski dalam situasi pandemi. Turnamen yang diadakan oleh Honda DBL ini dinilai bisa menjadi rujukan bagi pihak lain dalam melaksanakan kegiatan serupa.

Adanya Honda DBL dipandang membantu pemerintah utamanya Disporapar Pontianak dalam upaya mencari bibit atlet andal di olahraga basket. Ke depan, ia ingin turnamen Honda DBL dapat diadakan berkelanjutan. Dengan demikian maka Pontianak tidak bakal kekurangan atlet basket.

Syarif berharap prestasi yang telah diraih oleh para pemenang hendaknya dapat terus dikembangkan.

“Sebab anak-anak ini masih bisa berkembang dan bakal menuju ke usia emas dalam berprestasi di bidang olahraga,” ujarnya. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad