Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

KalbarSekitar Kita

Anggota Koramil Seluas Dampingi Bupati Bengkayang ke Peternak Kambing Etawa

BENGKAYANG - Rabu (9/6/21) Anggota Koramil 1202-04/Seluas Serka Petrus Rano melaksanakan pendampingan kunjungan Bupati Bengkayang, ke warga peternakan kambing etawa Bapak Ali Solihin, di Dsn. Raharja Ds. Mayak Kec. Seluas Kab. Bengkayang.



Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis SE, MM Mengatakan kepada bapak Ali Solihin jangan putus asa menghadapi kesulitan perekonomian di masa-masa Pandemi Covid-19 ini kita harus kokoh dan rajin berusaha menciptakan lapangan kerja agar terbebas dari keterpurukan.

Seperti yang dilakukan seorang peternak kambing etawa, bapak Ali Solihin, Meskipun pandemi Covid-19 menghantui usahanya, dirinya memilih tetap bertahan dan setia dengan Beternak kambing etawa.

Bapak Ali Solihin mengatakan kmbing bantuan yang dia dapatkan sudah berkembang biak, misalnya dari bantuan yang 25 ekor sudah menjadi 55 ekor, untuk pemasaran kambing kami biasa ke wilayah Sambas, Pontianak dan ke Serawak Malaysia," terangnya.

Dengan harga jual kambing usia 6 bulan dijual Rp. 1,1 jt hingga Rp. 1,2 jt perekor, sedangkan untuk kambing bibit dijual Rp. 1,2 jt hingga Rp 1,3 jt perekor.

Lanjutnya, selain menjual susundan kambing, kami juga menjual kotoran kambing seharga Rp. 30 ribu perkarung, Bagi warga yang memiliki kebun lada, kotoran kambing dijadikan pupuk. Sebagian kotoran kambing difermentasi terlebih dahulu sebelum ditabur ke tanaman lada, cabe atau sayuran mayur.

Selaku anggota Koramil 1202-04/Seluas Serka Petrus Rano menyampaikan memberi semangat dan dorongan kepada bapak Ali Solihin untuk pengembangan usaha budidaya ternak kambing etawa. Karena sangat bermanfaat untuk kita semua terutama susu kambing etawa mempunyai keunggulan kandungan gizi yang lengkap yang mampu meningkatkan kesehatan Tubuh, ungkapnya.

"Ia menambahkan, sebagai seorang Babinsa Koramil Seluas akan terus memberikan motivasi yang bermanfaat guna berkembangnya wilayah setempat, salah satunya seperti sekarang ini membina peternak kambing," tutur Serka Petrus Rano.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad