Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Yuk Rawat Shockbreaker Dengan Tips Dari Astra Motor Kalbar Berikut

PONTIANAK - Shockbreaker merupakan suatu komponen yang penting dalam sebuah sepeda motor, karena berfungsi untuk meredam getaran dijalan yang kurang rapi?

Shockbreaker merupakan salah satu komponen dalam kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai peredam getaran atau goncangan dari motor yang beradu dengan jalan.



Manfaat dari shockbreaker ini tidak akan terlalu dapat dirasakan saat melewati jalanan yang halus. Berbeda saat kamu sedang berkendara di jalan yang tidak rata, keberadaan shockbreaker ini sangat membantu karena daya pegas yang dihasilkan akan membuatmu merasa lebih nyaman.
Jika shockbreaker tidak berfungsi dengan baik, maka berkendara akan terasa tidak terlalu nyaman dan akan membuat badan pengendara menjadi lebih cepat pegal.
Kalau tidak segera diatasi, motor tidak akan menerima guncangan yang tidak bisa diredam sehingga bukan tidak mungkin jika banyak komponen yang kan berubah baik dari posisi maupun setelannya.
Bukan hanya itu, bearing ban motor juga bisa terkena imbas sehingga tentu akan berbahaya bagi pengendara.
Oleh karena itu, perlu merawat shockbreaker dan memastikan kondisinya tetap prima, selalu layak dan nyaman untuk digunakan.
Perawatan shockbreaker juga bukanlah hal sulit, untuk itu simak tips merawat shockbreaker berikut.

Tips Merawat Shockbreaker Pada Motor

1. Bersihkan shockbreaker-mu

Bagi mereka yang peduli dan rajin mencuci motor, tentu saja tidak perlu khawatir mengenai kebersihan shockbreaker. Nah buat kalian yang masih belum rajin mencuci motor, biasakan untuk mulai lebih rajin mencuci dan peduli pada kebersihan motormu, ya!
Kotoran yang menempel di area shockbreaker dan sekitarnya bisa membuat seal dari komponen ini lecet. Hal ini bisa menyebabkan oli shockbreaker bisa saja bocor sehingga akan membuat kualitas pegas dari shockbreaker-mu menurun.

2. Hindari rute yang jalanannya tidak rata

Kondisi jalan yang dilewati tentu akan mempengaruhi kondisi kesehatan motormu. Jalanan yang halus akan membuat shockbreaker-mu lebih awet dan tidak mudah rusak.
Dan sebaliknya, jika kamu memilih rute yang jalanannya jelek, berbatu, atau bahkan berlubang tentu saja shockbreaker-mu akan lebih cepat rusak. Hal ini bukan hanya berlaku pada shockbreaker saja tapi bisa mempengaruhi komponen lain pada motormu juga.

3. Jangan ngebut di jalan yang tidak rata

Nah, jika memang tidak ada rute lain yang bisa kamu pilih dan terpaksa harus melewati jalanan yang tidak rata sebisa mungkin kendarai motormu dengan bijaksana, ya.
Jangan ngebut dan biarkan motormu tersiksa karena harus melewati berbagai rintangan di jalanan yang tidak mulus itu.
Ngebut di jalanan yang tidak rata akan membuat shockbreaker-mu bekerja dengan sangat keras lebih dari biasanya. Bahkan bisa saja shockbreaker-mu jadi bengkok, nah kalau sudah bengkok maka dia tidak akan bisa bekerja dengan optimal deh.

4. Tidak perlu pasang anting motor di shockbreaker belakang

Sebaiknya urungkan niatmu untuk memasang anting di shockbreaker belakang motormu.
Selain akan membuat orang yang membonceng merasa kurang nyaman karena posisi jok belakang akan meninggi, anting shockbreaker nyatanya akan membuat shockbreaker-mu tidak bisa berfungsi secara optimal atau bahkan malah bisa menghilangkan fungsi dari shockbreaker itu sendiri.

5. Perhatikan stanchion

Kamu juga harus memperhatikan kondisi stanchion atau tabung silinder shockbreaker depan agar jangan sampai kotor.
Dan jangan bebani juga dengan kunci cakram yang terlalu rapat, hal ini bisa membuat tabung silinder mengecil dan menjepit batang shockbreaker.

6. Perhatikan beban bawaan

Beban bawaan yang berat akan mengakibatkan penurunan fungsi dari suspensi shockbreaker-mu, oleh karena itu pertimbangkan lagi berat maksimal untuk bawaanmu agar shockbreaker-mu tidak terlalu tersiksa.

7. Ganti oli shockbreaker

Kalau yang ini sih sudah pasti harus dilakukan ya, ketika suspensi motormu sudah tidak prima, bisa jadi pegas yang ada di dalamnya sudah butuh diberikan oli lagi.
Umumnya oli shockbreaker diganti setiap 2-3 tahun sekali, tapi jika memang sudah mulai tidak nyaman jangan tunda-tunda lagi dan segera servis shockbreaker-mu.

Nah itu dia tips merawat shockbreaker agar tetap awet dan nyaman untuk digunakan. Jangan lupa untuk segera praktekkan pada motormu, ya. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad