Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

KalbarSekitar Kita

Tanaman Hidroponik Salah Satu Solusi Dalam Ketahanan Pangan Di Masa Pandemi

SINGKAWANG - Pandemi Covid-19 sampai dengan saat ini belum juga mereda. Bahkan dibeberapa daerah khususnya di wilayah Provinsi Kalbar justru meningkat. Hal itu berdampak pada tingkat ketersediaan cadangan bahan pangan. Masalah ketahanan pangan dimasa pandemi sangat penting untuk diperhatikan. Rabu (26/05/21).
 

 

Pasi Komsos Brigif 19/Khatulistiwa Lettu Inf Uguamin Mengatakan, Hal itulah yang membuat anggota Brigif/Kh yaitu Serka Agus Eko P dan anggota Brigif 19/Khatulistiwa lainnya. Berinisiatif melakukan kegiatan bercocok tanam dengan hidroponik pada saat pandemi ini. Sebagai salah satu alternatif untuk mendukung ketahanan pangan dari rumah. "Kita tahu saat ini kondisi lahan semakin sempit, terlebih bagi masyarakat kota memiliki lahan yang terbatas, serta kebutuhan akan konsumsi semakin bertambah,” Ujarnya.
Salah satu aktivitas yang efektif dalam upaya mendukung ketahanan pangan saat pandemi, adalah bercocok tanam secara hidroponik. terlebih, biaya yang dikeluarkan relatif murah namun hasil panen cukup menjanjikan.
"Hidroponik yang dikelola ini menggunakan metode Deep Flow Technique dengan paralon sederhana. Tanaman disemai menggunakan rockwool selama kurang lebih 7 hari dan kemudian dipindahkan ke paralon. Jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik antara lain kangkung, sawi, dan selada," “Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat sekitar asrama Brigif, terlebih bagi masyarakat yg memiliki lahan sempit,” ungkapnya.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad