Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Baru, Honda CG125 Diluncurkan di Vietnam

PONTIANAK - Pangsa pasar motor klasik terus tumbuh. Wajar jika pabrikan terangsang memproduksi unit bertema lawas. Bahkan menerbitkan kembali produk lama mereka. Seperti di Vietnam, Honda CG125 - motor legendaris dari era 70an - baru saja mendarat, kembali dipasarkan dan dijual mulai Rp 24,6 juta.
 
Honda CG125

Memang bukan dirilis resmi oleh Honda Vietnam. Melainkan diimpor utuh dari Cina oleh diler bernama Truong Trung Motor. Bagi yang belum tahu, CG sebetulnya masih terus diproduksi pabrik Honda Wuyang. Sebab dianggap laris dan kerap dijadikan kendaraan “tempur” oleh konsumen di sana (Cina).
Kiprahnya begitu panjang. Pertama kali muncul di 1975, bersanding dengan Honda CB series yang terkenal di Tanah Air. Hanya saja eksistensinya tak bertahan lama. Boleh jadi, mesin push rod yang jadi pembeda dengan CB kurang diminati di sini.
Tapi CG125 baru tentunya hadir dengan sentuhan modernisasi. Terutama area pendukung dapur pacu. Sistem pengabutan bensin kini diubah menjadi injeksi elektronik. Hal yang wajib ada di motor zaman sekarang.
Sementara jenis mesinnya masih mengadopsi yang lama, yakni satu silinder 125 cc berpendingin udara. Ubahan komponen suplai bensin sebetulnya tak begitu berpengaruh terhadap output. Tenaga maksimal CG mencatat angka 11,1 Hp/8.500 rpm serta torsi 10,5 Nm/7.500 rpm. Standar. Ramuan rasio kompresi juga tetap rendah, 9,0:1.
Di luar teknis, semuanya sama persis. Bahkan peranti deselerasi mengadopsi model teromol sepenuhnya. Hingga fork teleskopik dan dual shock belakang, memiliki bentuk persis dengan generasi pertama: dilabur krom dan diberi penutup suspensi.
Jangankan sepintas, jika dilihat dari dekat dan fokus pun tubuhnya masih sama. Tak perlu dicari-cari perbedaannya. Tangki, tutup aki, keran bensin, jok bermotif kotak-kotak, sampai lampu persegi di depan dan belakang memang identik. Lengkap dengan fender khas motor tua, penutup rantai, sampai ban “cacing”.
Area dasbor juga begitu. Mungkin Anda familiar dengan panel instrument GL Pro? Di tahun 2020, CG masih dibekali speedometer kotak itu. Tanpa ada sedikitpun modernisasi. Satu-satunya yang baru adalah embos i-Fi, menandakan dirinya menganut sistem injeksi. Jadi jangan banyak protes soal data yang disajikan terlalu minim.

Pilihan Varian

Merespons kultur custom yang juga marak, CG turut disediakan dalam varian lebih ekspresif. Kita tahu, basis motor ini sangat mudah dikostumisasi sesuai selera. Sama esensinya seperti Honda CB, bak sebuah kanvas kosong.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad